Kena Semprot, Zoom Hapus Kode Aplikasi yang Kirim Data ke Facebook

0
280
Kena Semprot, Zoom Hapus Kode Aplikasi yang Kirim Data ke Facebook
Copyright ©Grid

Zoom Tidak Lagi Kirimkan Data ke Facebook

OKETEKNO – Sudah tidak asing lagi dimana banyak yang menggunakan aplikasi video call Zoom pada saat semuanya kini diganti secara online. Akan tetapi kemarin ada informasi kurang menyenangkan, dimana data penggunanya telah dikirimkan ke platform Facebook guna memberikan informasi terkait penayangan iklan yang akurat.

Akan tetapi merespon hal demikian, kini developer Zoom telah menggulirkan pembaruan di versi iOS, dan telah menghapus kode yang memungkinkan aplikasi ini telah mengirimkan sederet data dari penggunanya ke platform sosial media populer tersebut.

Baca Juga: Daftar Negara yang Manfaatkan GPS HP Pengguna Pantau Corona, Indonesia?

Sebelumnya untuk yang mengungkap kalau Zoom telah membagikan data dari penggunanya ke Facebook adalah Motherboard, dimana tentu ini mengkhawatirkan banget mengingat aplikasi ini lagi dibutuhkan banget.

Aplikasi Zoom
Copyright ©Zoom

Informasi yang dibagikan cukup beragam, mulai dari zona waktu, kota, hingga ke detail perangkat yang digunakan. Bahkan kalau pengguna tidak memiliki akun Facebook sekalipun, tetap saja data dari pengguna ini akan dikirimkan terhadap perusahaan asal Amerika Serikat tersebut.

Bukan masalah yang besar terkait pengiriman data induk perusahaan Instagram ini, yang jadi persoalan adalah Zoom tidak mencantumkan langkah tersebut dalam penjelasan kebijakan privasinya. Sehingga hal tersebut seolah menjadi suatu paksaan terhadap pengguna.

Baca Juga: Alasan Harga Realme 6 di Indonesia Lebih Mahal

“Zoom benar-benar menganggap privasi data pengguna merupakan hal yang penting. Kami memang mengimplementasikan fitur ‘Login dengan Facebook’ menggunakan SDK Facebook agar memudahkan pengguna mengakses platform kami,” seperti itulah keterangan yang disampaikan oleh Zoom sebagaimana dilansir dari Vice.

Kemudian, dalam keterangan lebih lanjut CEO Zoom bernama Eric S Yuan telah meminta maaf atas kejadian berikut. Dan kedepannya berkomitmen dimana pihaknya akan menjaga privasi penggunanya dengan baik.

Tidak cuman itu saja, melainkan Zoom akan melakukan peninjauan lagi berbagai macam proses dan protokol dalam mengimplementasikan fitur login dari platform Facebook supaya kedepannya kejadian serupa tidak terulang lagi.

baca juga: Ternyata Ini Bug yang Sebabkan Kimmy dan Zhask di Banned di Mobile Legends

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.