Pesaing YouTube Ini Juga Terapkan Langkah Serupa

0
323
Pesaing YouTube Ini Juga Terapkan Langkah Serupa
Copyright ©Get Populer News

TikTok Juga Ikut Turunkan Kualitas Video

OKETEKNO – Dikarenakan hampir semua lapisan masyarakat tengah melakukan kegiatannya #DiRumahAja, menjadikan trafik internet mengalami kenaikan. Terutama bagi Negara-Negara yang telah melakukan lockdown, sehingga memaksa semuanya mengandalkan internet dalam setiap aktivitasnya.

Misalnya di Uni Eropa, dimana berbagai platform pemakan bandwith besar seperti YouTube misalnya, telah diminta untuk menurunkan kualitas layanan streaming video miliknya. Dan dengan inisiatifnya sendiri, Google tidak cuman menuruti permintaan pemerintah Uni Eropa saja, melainkan memberlakukan di seluruh Negara lainnya juga.

Baca Juga: Harga HP OPPO Alami Kenaikan di Indonesia

Untuk berpartisipasi dalam tujuan yang sama, yakni mengurangi beban bandwith internet agar aktivitas masyarakat tetap berjalan dengan baik. Maka TikTok juga melakukan langkah serupa, yakni melakukan pembatasan pemutaran video dengan kualitas HD di Eropa.

TikTok Apps
TikTok Apps; Copyright©TechSpot

Melansir dari GizChina, dalam pernyataan resminya telah disampaikan oleh Tik Tok kalau “Kami tidak ingin peningkatan pengguna menambah beban pada infrastruktur jaringan secara keseluruhan. Untuk itu kami putuskan untuk membatasi video HD.”

Baca Juga: Xiaomi Jaga Diri Agar Harga HP Android Tidak Ikut Melambung

Untuk pembatasan bandwith ini nantinya akan berlangsung selama 30 hari kedepan, sama seperti YouTube, Netflix, Instagram dan sederet platform streaming video lainnya. Dengan demikian, diharapkan sederet platform pemakan bandwith besar ini nantinya tidak akan terlalu membebani internet lokal.

Anak perusahaan Google ini sudah mengkonfirmasi kemarin dimana pihaknya mulai memberlakukan penurunan kualitas ini pada tanggal 30 Maret 2020, hari ini dan berlangsung selama sebulan kedepan. Nantinya secara default, video yang diputar akan berada pada resolusi 480p saja, dimana ini jelas lebih menurun ketimbang sebelumnya.

Seperti yang diketahui bahwa YouTube biasanya menerapkan kualitas video terbaik untuk jaringan yang dimiliki oleh pengguna dan perangkat. Kalau memang jaringan bagus bisa mencapai 1080p dalam kualitas default, dan keseringan berada di resolusi 720p untuk menawarkan kecepatan buffering yang tidak mengganggu.

baca juga: Vivo V19 Tawarkan Pelayanan Penjualan Khusus di Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.