Huawei Mulai Ciptakan Pesaing Google Assistant

0
291
Huawei Mulai Ciptakan Pesaing Google Assistant
Copyright ©Eng News 24h

Huawei Ciptakan Asisten Virtual Celia

OKETEKNO – Karena dilakukan pembatasan oleh pemerintah Amerika Serikat, menjadikan perusahaan Huawei kini lebih mandiri lagi dalam membangun ekosistem perusahaannya di publik. Yang terdampak paling besar yakni bisnis ponselnya dimana kini tidak bergantung lagi terhadap Google, karena memang sudah tidak mendapatkan izin kerjasama lagi.

Dan kali ini vendor asal China itu telah mulai mengembangkan asisten virtualnya sendiri yang memungkinkan pengguna nanti bisa lebih mudah dalam mengakses perangkatnya untuk melakukan beberapa hal.

Baca Juga: Aplikasi Alternatif WhatsApp yang Punya Fitur Video Call Lebih Canggih

Sederet vendor lainnya sudah memiliki asisten virtual sendiri, tidak lagi mengandalkan Google meski sebenarnya masih mendapatkan dukungan. Diantaranya yakni seperti Samsung dengan Bixby miliknya, OPPO dengan Breeno dan juga Vivo memiliki Jovi sebagai asisten virtual.

Celia
Copyright ©Gizchina

Dan kali ini Huawei juga telah mengembangkan asisten virtual baru bernama Celia. Layanan ini nantinya akan terpasang dalam pembaruan software HP Android besutannya melalui jalur OTA. Akan tetapi khusus untuk P40 series sudah terpasang langsung sejak pertama kali pembelian.

Baca Juga: Melihat Spesifikasi Huawei P40 Versi Paling Murah

Untuk mengaktifkan Celia pada Huawei P40 atau di perangkat lain yang mendukungnya juga mudah, dimana pengguna cukup mengatakan “Hey, Celia” dengan diikuti oleh kata perintah yang diinginkan oleh pengguna.

Selain dari suara, Celia juga dapat diaktifkan dengan cara menekan tombol daya selama beberapa detik. Beberapa hal yang bisa dilakukan oleh Celia ini diantaranya yakni seperti melakukan pencarian di browser bawaan dan Microsoft Bing. Kemudian ada juga opsi untuk menggunakan Celia di Google Search juga.

Dan seperti asisten virtual lainnya, Celia milik Huawei ini juga bisa membantu pengguna telepon, mengirimkan pesan, membuat pengingat, memutar musik, sampai menerjemahkan teks. Selain itu, layanan ini juga sudah dilengkapi dengan sebuah fitur mirip Google Lens, dimana bisa memindai benda menggunakan kamera ponsel dan memberikan informasi terkait benda yang diinginkan itu.

baca juga: 4 Bocoran Skin Mobile Legends Bulan Depan, No. 3 Keren Parah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.