Kominfo Rilis Aplikasi Pencegah Virus Corona, Ini Fungsinya!

0
375
Kominfo Rilis Aplikasi Pencegah Virus Corona, Ini Fungsinya!
Copyright ©Istimewa

Fungsi Aplikasi PeduliLindungi

OKETEKNO – Berbagai macam usaha telah dilakukan oleh pemerintah Indonesia guna menghentikan penyebaran virus Corona agar tidak memakan korban lebih banyak lagi di Tanah Air. Kominfo menjadi salah satu bagian terpenting pemerintahan dalam menekan warga bisa menjaga diri dengan yang lain.

Berkaitan dengan hal tersebut, Kementerian ini telah resmi meluncurkan aplikasi yang diharapkan bisa mencegah virus corona menular ke lebih banyak orang. Aplikasi bernama PeduliLindungi ini telah resmi diluncurkan dan bisa ditemukan di Google Play Store untuk sementara ini, sedangkan di App Store menyusul.

Baca Juga: HP Xiaomi Misterius Terdeteksi Resmi Bakal Hadir di Indonesia

Para pengguna HP Android sekarang sudah bisa memasang aplikasi ini, dimana nantinya akan memberikan informasi kalau memang dirinya tengah berada di orang yang telah terinfeksi oleh COVID-19. Dengan demikian, orang nantinya bisa menjaga jarak dan melakukan serangkaian standar kebersihan yang telah ditentukan.

PeduliLindungi
Copyright ©Istimewa

Aplikasi ini akan mengingatkan yang bersangkutan untuk melakukan langkah-langkah sesuai petunjuk petugas kesehatan yang dikirim via pesan seluler. Sistem ini juga untuk melindungi masyarakat luas agar tidak terpapar karena ketidaktahuannya,” seperti itulah yang disampaikan oleh Dirjen PPI Kementerian Kominfo bernama Ahmad M Ramli.

Baca Juga: Pesaing YouTube Ini Juga Terapkan Langkah Serupa

Selain itu, ia juga menegaskan kalau PeduliLindungi ini telah disiapkan pemerintah dengan fungsi yang sama seperti TraceTogether milik Singapura. Akan tetapi ada beberapa perbedaan dari segi konfigurasinya. Dikarenakan Indonesia memiliki model bisnis telekomunikasi yang berbeda dibanding Negeri tetangga tersebut, seperti jumlah operator, subscriber, Base Transceiver Station (BTS), dan infrastruktur lain.

“Aplikasi PeduliLindungi dirancang oleh para developer Indonesia dan didedikasikan untuk negara yang bereda dalam darurat dan keadaan luar biasa karena pandemi COVID-19,” seperti itulah keterangan resmi dari Ramli.

Dijen PPI telah meanambahkan kalau aplikasi rilisan Kominfo ini bertujuan agar masyarakat luas bisa menghindari berbagai macam lokasi yang pernah dilewati orang positif virus Corona. Nantinya bakal ada notifikasi muncul di ponsel yang terpasang aplikasi ini ketika memang dirinya tengah berada di orang positif Corona atau riwayat lokasinya.

baca juga: 4 Bocoran Skin Mobile Legends Bulan Depan, No. 3 Keren Parah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.