Alasan Kenapa Chipset Realme 6 dan 6 Pro Tidak Sama Qualcomm

0
555
Realme 6 dan 6 Pro
Copyright ©Realme

Kenapa Realme Pakai Chipset yang Berbeda?

OKETEKNO – Pekan kemarin telah resmi diluncurkan duo ponsel terjangkau di Indonesia, yakni Reame 6 dan 6 Pro. Kedua perangkat ini ternyata hadir dengan chipset yang tidak sama, bukan dari segi peningkatannya melainkan dari segi brand yang menjual chipset tersebut.

Seperti yang diketahui bahwa versi reguler menggunakan processor buatan MediaTek, yakni G90T. Sedangkan untuk model Pro menggunakan chipset dari Qualcomm, Snapdragon 720G. Kenapa kok demikian, dan tidak lebih baik sama dari Qualcomm saja?

Baca Juga: Pesaing YouTube Ini Juga Terapkan Langkah Serupa

Berkaitan dengan hal tersebut, Felix Christian selaku Product Manager Realme Indonesia telah menjelaskan kalau perbedaan chipset ini telah dilatarbelakangi oleh perbedaan segmen harga yang disasak oleh HP Android besutannya.

Realme 6 Pro
Copyright ©Realme

“Di Realme 6, kami ingin membawa experience gaming di segmen harga Rp 3 jutaan, dan G90T menjadi pilihan terbaik di segmen tersebut. Untuk 6 Pro, kami menggunakan 720G karena ingin fokus pada beberapa hal seperti gaming, kamera, dan performa. Di harga Rp 4 jutaan, kami memberikan best performance processor di segmennya,” seperti itulah keterangan yang disampaikan oleh Felix.

Baca Juga: HP Xiaomi Misterius Terdeteksi Resmi Bakal Hadir di Indonesia

Selain dari SoC, sebagian besar fitur yang tertanamkan tidak ada perbedaan antara model reguler ataupun Pro. Keduanya sama-sama dilengkapi dengan kamera utama 64MP yang mengandalkan sensor gambar ISOCELL Bright GW1 besutan Samsung.

Beberapa perangkat yang menyasak segmen pasar lebih tinggi seperti Realme XT dan Realme X2 Pro juga sudah menggunakan sensor kamera ini. Realme menyebut masih menggunakan sensor kamera ini karena memang software rancangannya telah dibuat sedemikian rupa untuk hasilkan jepretan yang memuaskan bagi pengguna.

Akan tetapi dalam keterangan lanjutannya, setelah Realme 6 series ini nanti kedepan apakah pihaknya bakal beralih menggunakan sensor kamera lain seperti SONY IMX686 juga atau tidak. Dikarenakan beberapa vendor sudah pada menggunakannya, seperti Redmi K30 misalnya.

baca juga: Google Kembali Bersih-Bersih Aplikasi Android Sesat Virus Corona

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.