Penjelasan Terkait Internet Dunia Memang Down Saat Virus Corona Menyerang

0
386
Penjelasan Terkait Internet Dunia Memang Down Saat Virus Corona Menyerang
Copyright ©NewsWeek

Virus Corona Menyerang, Beban Tertumpu Pada Jaringan Internet

OKETEKNO – Ketika kalian merasakan kelambatan dalam mengakses internet, memang itu tidak dapat dipungkiri lagi. Dikarenakan Ookla yang merupakan perusahaan pembuat layanan uji kecepatan koneksi internet Speedtest telah mengkonfirmasi jika Internet Dunia lagi down ketika Virus Corona ini menyerang.

Hal itu dikarenakan saat pandemik ini, menjadikan seluruh lapisan masyarakat pada memanfaatkan layanan ini untuk tetap berkomunikasi dengan yang lain. Terlebih bagi Negara yang sudah memberlakukan lockdown dan mengendalikan masyarakat agar tidak berpindah dalam belajar sampai kerja dari rumah.

Baca Juga: Alasan Kenapa Chipset Realme 6 dan 6 Pro Tidak Sama Qualcomm

Jelas ketika semuanya dipindahkan ke jaringan online, mereka akan mengandalkan internet sebagai kebutuhan utamanya, selain mencari hiburan juga. Nah, dengan kebutuhan online yang semakin padat inilah, menjadikan penurunan kecepatan internet di Dunia terjadi, terutama pada negara yang telah memberlakukan lockdown tersebut.

Ookla Internet
Copyright ©Ookla

Berdasarkan informasi dari Mashable, Ookla telah melihat fluktuasi kecepatan internet di 4 Negara, China, India, Jepang, dan Malaysia. Dari keempat Negara tersebut, cuman China saja yang kini telah mulai membaik kecepatan internetnya, karena memang aktivitas di Negara tersebut sudah lebih teratasi dari serangan Virus Corona.

Baca Juga: Google Rilis Video Menyentuh Untuk Hargai Tenaga Medis yang Berjuang Keras

Dan untuk kecepatan internet di India dan Malaysia rata-rata telah mengalami penurunan sekitar 80Mbps dalam periode pertengahan hingga akhir bulan Maret 2020 kemarin. Kedua Negara tersebut memang telah diketahui telah memberlakukan penguncian dan kontrol gerakan masyarakat agar tidak menyebar luas COVID-19.

Berkaitan dengan hal tersebut, pihak Ookla telah menyatakan besar kemungkinan itu disebabkan oleh beban yang harus dipikul oleh Penyedia Layanan Internet (ISP/ Internet Service Provider) selama lockdown diberlakukan di Negara tersebut. Dengan begitu, orang yang tinggal di rumah tentu saja menghabiskan waktu seharian secara online.

Tidak cuman jaringan internet terhubung saja, melainkan internet seluler juga mengalami hal serupa. Kecepatan konstan telah mengalami lonjakan sepanjang awal bulan Maret kemarin, tapi saat di lockdown pada 18 Maret kemarin di Malaysia langsung anjlok drastis. Selain keempat Negara ini, virus Corona juga mengakibatkan internet di Jerman, Spanyol, Belanda, Swiss, dan Prancis melambat.

baca juga: Resmi dari Telkomsel, Begini Cara Aktifkan Kuota Gratis 30GB!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.