WhatsApp Tidak Bisa Digunakan Semena-Mena Saat Virus Corona

0
259
WhatsApp Tidak Bisa Digunakan Semena-Mena Saat Virus Corona
Copyright ©AKket

Etika Menggunakan WhatsApp

Oketekno.com – Aplikasi WhatsApp sekarang ini menjadi andalan banget bagi banyak kalangan, dimana platform chatting ini menawarkan kemampuan berkomunikasi yang memuaskan, mulai dari bertukar pesan secara tulisan, kirim pesan suara, hingga melakukan video call.

Berbagai macam langkah tersebut bisa dilakukan dengan baik ditengah pandemi virus corona yang lagi mewabah seperti berikut. Dan sebagai alternatifnya kalian bisa menggunakan platform lain seperti Telegram ataupun juga LINE, atau yang lain.

Baca Juga: Apple Ketahuan Bocorkan Produk Barunya yang Belum Rilis

Namun penggunaan aplikasi chatting seperti ini tidak boleh sembarangan, terlebih saat keadaan genting seperti wabah COVID-19 ini misalnya. Banyak sekali informasi tidak tepat yang dengan mudahnya dibagikan oleh pengguna kesana-kemari tanpa mempertimbangkan dan menelusuri kebenarannya terlebih dahulu.

Fungsi Chatbot Corona dari Kominfo X WhatsApp yang Sebenarnya
Copyright ©Gizmologi

Dengan demikian diharapkan pengguna WhatsApp sebelum meneruskan pesan terhadap pengguna lain, diharapkan mengerti dan memahami serta membaca media yang kredibel terlebih dahulu untuk memastikan kebenaran beritanya. Berikut beberapa point yang penting untuk diperhatikan:

Baca Juga: PLN Tanggapi Pesan WhatsApp Info Soal Kode Pelanggan yang Dapat Token Listrik Gratis

  1. Empati. Kita tidak dapat mengetahui apakah dalam grup ada yang dalam pengawasan, positif, atau bahkan keluarganya meninggal akibat virus. Sebaiknya jaga pembicaraan.
  2. Sumber. Mungkin beberapa informasi menyertakan sumber, dimana kalian harus periksa, apakah sumbernya ini kredibel atau tidak. Dan kalau mengarah ke situs tidak jelas, sebaiknya langsung tutup.
  3. Jangan SS percakapan, dimana ini bisa dilihat dalam pasal 26 ayat 11 UU ITE No 19/2016.
  4. Waspadai sosok penyusup dalam grup, dimana ketika tidak ada nama, foto profil tidak jelas dan sering tebar informasi tidak jelas, sebaiknya keluarkan dari grup saja.
  5. Hindari spam foto, video, link (sama) dalam jumlah banyak kecuali permintaan anggota.
  6. Tidak melecehkan, menghina SARA, ataupun membuat fitnah, meski sekedar bercanda itu sebaiknya dihindari untuk saat ini.
  7. Jangan kasih kendor orang penyebar hoax COVID-19, langsung peringatkan agar tidak nyebar lebih jauh.
  8. untuk mendapatkan informasi akurat, bisa cek di mesin pencarian dan sosial media atau mungkin hubungi Masyarakat Anti Fitnah Indonesia/Mafindo di nomor WhatsApp +62 859-2160-0500.

Seperti itulah berbagai macam etika baik yang perlu diperhatikan dalam menggunakan WhatsApp terutama saat pandemik virus corona yang masih belum kunjung padam berikut.

baca juga: Langganan Banned, Nih 6 Hero Counter Atlas yang Dianggap Ngeri di Mobile Legends

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.