Soal 5G Picu Virus Corona Memanas, YouTube Mulai Bertindak

0
344
Soal 5G Picu Virus Corona Memanas, YouTube Mulai Bertindak
Copyright ©Pulse Live Kenya

YouTube Mulai Hapus Video yang Bahas Jaringan 5G Pemicu Corona

Oketekno.com – Walaupun sepertinya mustahil, akan tetapi ada juga beberapa kalangan yang menganggap dimana jaringan 5G bisa menjadi salah satu pemicu penyebaran virus corona di wilayahnya. Padahal kalau dilihat secara global, Negara yang masih belum menerapkan saja terkena.

Untuk menanggapi hal demikian menjadikan platform YouTube juga ikut bertindak dengan cara membersihkan berbagai macam video hoax dan konspirasi mengenai hubungan jaringan terbaru ini dengan virus Corona. Ini dilakukan setelah adanya insiden pembakaran BTS 5G di Inggris oleh kalangan yang percaya akan hoax tersebut.

Baca Juga: Langganan Banned, Nih 6 Hero Counter Atlas yang Dianggap Ngeri di Mobile Legends

Meski sebenarnya tengah merumahkan sebagian besar karyawannya, namun anak usaha Google ini tetap aktif membersihkan video yang telah melanggar kebijakannya. Akan tetapi konten yang memuat tentang konspirasi seputar 5G tanpa menyebutkan virus corona masih diberikan kebebasan untuk terunggah di platform tersebut.

Burn 5G Tower
Copyright ©OxiBuzz

Akan tetapi YouTube telah menjelaskan kalau video seperti itu masih dinilai sebagai ‘konten di ambang batas’ dan kedepannya bisa dilakukan pembatasan seperti pencabutan pendapatan dari iklan dan menghapusnya dari hasil pencarian.

Baca Juga: Kuota 100GB Beredar di WhatsApp Itu Hoaks, Ini yang Resmi dan Benar-Benar Gratis!

“Kami memiliki kebijakan jelas yang melarang video yang mempromosikan metode yang tidak terbukti untuk mencegah virus corona selain mencari perawatan medis, dan kami akan dengan cepat akan menghapus video yang melanggar kebijakan ini ketika dilaporkan kepada kami,” seperti itulah penjelasan dari juru bicara YouTube.

Dan dalam keterangan lanjutannya dikatakan jika pihaknya sudah mulai mengurangi rekomendasi konten di ambang batas seperti teori konspirasi 5G dan virus corona semacam ini. Dikarenakan yang demikian berbahaya kalau sampai dipercaya oleh masyarakat luas.

Bukan cuman YouTube saja, melainkan Menteri Kebudayaan Inggris Oliver Dowden juga diberitakan melakukan pertemuan dengan Facebook dan Twitter untuk melakukan langkah serupa yang bisa memacu kejadian lebih parah daripada ini. Sebab para teknisi operator yang sedang memasang kabel FO di jalanan telah mendapat ancaman verbal dan fisik dari orang yang percaya 5G pemicu Virus Corona.

baca juga: Kini Jadi Serba Online, Berikut Tips Hemat Kuota Internet Saat Nonton YouTube

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.