Facebook Kirimkan Data Lokasi Pengguna Untuk Pantau Corona

0
215
Facebook Kirimkan Data Lokasi Pengguna Untuk Pantau Corona
Copyright ©theguardian

Facebook Bagikan Data Pengguna Kepada Pihak Peneliti

OKETEKNO – Tidak lagi menutup-nutupi dimana kali ini perusahaan sosial media Facebook telah secara terang-terangan memang mengirimkan data lokasi pengguna untuk memantau penyebaran virus Corona. Akan tetapi untuk pengiriman data ini tidak dilakukan secara sembarangan, melainkan terhadap pihak yang memang resmi seperti itu.

Untuk data yang ditimbun oleh perusahaan sosial media ini nantinya akan diserahkan terhadap tim peneliti dari otoritas kesehatan untuk melakukan pelacakan pergerakan mereka dengan mengkaji hubungan pengguna dengan pasien yang dinyatakan positif terinfeksi, dalam bentuk peta.

Baca Juga: Layanannya Populer, Bos Layanan Zoom Malah Akui Salah Langkah

Jelas ini berbeda dengan membocorkan data penggunanya, dikarenakan induk perusahaan WhatsApp ini cuman membagikan lokasi pengguna saja. Inisiatif yang ditawarkan oleh Facebook ini dinamakan “Population Movement” atau perpindahan penduduk.

Facebook
Copyright ©Pixabay

Walaupun dibagikan kepada pihak lain, akan tetapi Facebook telah memastikan kalau data privasi pengguna masih tetap aman dan terjaga, dikarenakan lembaga yang menerima data tersebut juga menerapkan sederet standar operasional resmi yang sudah ditetapkan.

Baca Juga: Bakal Ada 3 Pilihan Warna Untuk iPhone Murah?

“Rumah sakit saat ini sedang bekerja untuk mendapatkan sumber daya yang tepat dan mencari pedoman yang tepat soal Covid-19 untuk masyarakat seperti bagaimana tindakan pencegahan yang baik dan bagaimana virus itu bisa menyebar,” seperti itulah keterangan yang disampaikan oleh KX Jin selaku Kepala Kesehatan Facebook.

Dan dalam keterangannya lebih lanjut disampaikan juga kalau data population movement ini nantinya juga akan memberikan informasi apakah pengguna berada di dekat zona merah lantaran banyak orang terpapar virus corona ini atau tidak.

Bukan cuman itu saja, melainkan perusahaan Facebook juga menawarkan indeks khusus dimana memungkinkan bagi para peneliti epidemiologi memperkirakan seperti apakah virus corona ini sampai bisa menyebar luas bahkan dalam skala Internasional. Mungkin sudah ada beberapa dugaan, namun belum ada penelitian yang valid dan bisa dibuktikan berkenaan dengan masalah tersebut.

baca juga: Xiaomi Mi 10 Masih Belum Mantap Masuk Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.