Blokir Ponsel Black Market di Indonesia Tak Ada Toleransi

0
430
Blokir Ponsel Black Market di Indonesia Tak Ada Toleransi
Copyright ©GadgetN3W

Ponsel BM Tetap Diblokir 4 Hari Lagi Tanpa Molor

OKETEKNO – Dikarenakan pandemik virus corona yang tengah menyerang kali ini, beberapa lembaga telah melakukan penundaan jadwal atau pengalihan sistem penerapannya. Akan tetapi itu tidak akan berlaku bagi pemblokiran Ponsel Black Market di Indonesia yang sudah direncanakan secara matang.

Hal ini telah dikonfirmasi langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate. Ia telah menjelaskan kalau peraturan validasi tentang International Mobile Equipment Identity (IMEI) ini nanti akan tetap mulai berlaku pada tanggal 18 April 2020 mendatang.

Baca Juga: Resmi dan Sudah Bisa Dibeli di Indonesia, Segini Harga Huawei P40 Pro

Itu disebabkan karena sejumlah pihak juga sudah menjalin kesepakatan dan tidak mudah untuk melakukan perubahan jadwal seperti itu, karena ada cukup banyak pihak yang terlibat dalam kepengurusan pemblokiran ponsel BM di Indonesia ini.

Ponsel Black Market
Copyright ©Pajakku

“Baru saja selesai dibicarakan lintas kementerian terkait, Kementerian Kominfo, Kementerian Keuangan, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian Perdagangan bersama operator seluler,” seperti itulah yang disampaikan oleh Menkominfo sebagaimana dikutip dari detikINET.

Baca Juga: Yi Sun Shin Bakal Rework di Mobile Legends, Makin Joss?

Johnny G Plate telah menetapkan kalau peraturan blokir Ponsel Black Market ini nanti akan tetap dilaksanakan sesuai jadwal, yakni pada tanggal 18 April 2020 mulai pukul 00:00 WIB. Dan para pengguna ponsel ilegal atau BM yang sudah aktif sekarang tidak perlu khawatir lagi, karena itu tidak berpengaruh.

Dikatakan kalau HP Black Market di Indonesia yang sudah aktif, dilakukan registrasi dan dipasangi nomor yang aktif, nomor IMEi otomatis akan langsung terdaftar pada database. Berbeda dengan ponsel BM yang baru diaktifkan setelah tanggal 18 April 2020 nanti, maka pendaftarannya akan ditolak.

Pemblokiran Ponsel Black Market ini nantinya akan menggunakan skema White List sebagaimana yang sudah ditetapkan, dimana didukung oleh teknologi Equipment Identity Register (EIR) di setiap operator seluler di Indonesia dan Central EIR di Perindustrian yang sudah diaktifkan pada waktu tersebut.

baca juga: Ini Dia Sederet HP Xiaomi yang Dianggap Paling Gagal, Setuju?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.