Dibongkar! Kemiripan iPhone SE dengan iPhone 8 Ternyata Sampai Ke Dalam

0
377
Dibongkar! Kemiripan iPhone SE dengan iPhone 8 Ternyata Sampai Ke Dalam
Copyright ©ifixit

Komponen iPhone 8 Bisa Dipasang di iPhone SE

Oketekno – Beberapa waktu lalu Apple telah resmi meluncurkan Smartphone terbarunya yang ditawarkan dengan harga jauh lebih terjangkau jika dibandingkan dengan iPhone yang dirilis. iPhone SE hadir dengan harga dibawah Rp 7 jutaan.

Meski sejatinya dari segi penampilan sama dengan iPhone 8, akan tetapi dari segi performanya sudah lebih handal dan lancar untuk menjalankan berbagai macam aktifitas. Namun belum lama ini ada fakta menarik, yaitu terkait penampilan bagian dalamnya.

Baca Juga: Beberapa Hal yang Perlu Diketahui Soal Perekaman Video 8K di Samsung Galaxy S20

Ketika dilakukan pembongkaran, ternyata di bagian dalamnya identik juga. Bahkan beberapa komponen dan bagian bisa saling ditukar antara iPhone murah terbaru dari Apple ini dengan iPhone 8 reguler. Informasi ini telah diungkap dan dibuktikan dalam bentuk video oleh YouTuber asal China, iFixit.

iPhone SE dan iPhone 8
Copyright ©ifixit

Bagian komponen yang terpasang di iPhone SE ini ternyata identik banget dengan iPhone 8. Akan tetapi memang ada beberapa hal yang membedakan, karena demi mendukung kebutuhan pengguna yang semakin beragam. Misalnya saja seperti Modem, Chip WiFi, Konektor Baterai, modul kamera dan juga processor.

Baca Juga: Cukup Berguna, Facebook Ingin Hadirkan Fitur Ini di Instagram

Untuk processor ini diklaim lebih cepat, karena menggunakan A13 Bionic diman untuk jenis ini telah tertanamkan pada iPhone 11 series. Akan tetapi ada beberapa hal yang dirubah, sehingga performanya tidak secepat ponsel premiumnya, namun masih lebih tinggi ketimbang iPhone X.

iFixit telah melakukan beberapa percobaan untuk mengganti komponennya seperti modul kamera, SIM Card tray, Taptic Engine dan layar. Memang sih untuk komponen itu bisa ditukar, akan tetapi layarnya tidak dapat mengaktifkan fitur True Tone lagi. Kemudian untuk tombol Home meski memiliki bentuk yang sama, akan tetapi tidak bisa ditukar sehingga kalau rusak ya harus diganti dengan model sama.

Kemudian untuk baterai antara iPhone SE dan iPhone 8 terlihat identik, akan tetapi konektornya berbeda sehingga tidak dapat ditukar. Dengan demikian memang tampak serupa namun ada beberapa hal yang memang sudah menjadi ciri khas dari iPhone murah tersebut yang wajar dimiliki oleh setiap ponsel.

baca juga: Terungkap! Performa iPhone SE Terbukti Kalahkan iPhone XS Max

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.