Menkominfo Bantu Tokopedia Selidiki Kasus Kebocoran Data

0
335
Menkominfo Bantu Tokopedia Selidiki Kasus Kebocoran Data
Copyright ©Kominfo

Bakal Ada Tim Khusus yang Dibuat Menkominfo

OKETEKNO – Dalam beberapa hari terakhir ini tengah dihebohkan soal kebocoran data yang terjadi pada akun Tokopedia milik para pengguna. Pada sebuah forum telah terungkap belasan juta data mereka dibocorkan oleh pihak tidak dikenal, yang mana membuat Menkominfo juga geram dan bakal membantu.

Sebagaimana keterangan dari Johnny G Plate selaku Menteri Komunikasi dan Informatika, menyatakan kalau pihaknya bersama BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara) akan melakukan penyelidikan terhadap kebocoran data sebanyak 91 juta pengguna tersebut.

Baca Juga: Infinix Note 7 Rilis di Indonesia, Smartphone Cantik Murah Meriah

“Tokopedia terus bekerja sama erat dengan para mitra strategis, antara lain Kemenkominfo dan BSSN, dalam rangka melakukan investigasi menyeluruh, sekaligus meningkatkan sistem keamanan, untuk menjaga kepercayaan pengguna,” seperti itulah yang disampaikan oleh VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak dalam keterangan resminya.

Kantor Tokopedia
Copyright ©Tokopedia

Bukan cuman itu saja, perwakilan dari e-Commerce tersebut juga menegaskan kalau pihaknya terus menjaga keamanan data pengguna, karena itu menjadi prioritas dalam menjaga layanannya juga bisnis tetap bisa berjalan dengan baik.

Baca Juga: Jadwal Perilisan Xiaomi Mi 10 di Indonesia Resmi Terungkap

Pada hari Selasa kemarin, Menkominfo telah menggelar pertemuan secara virtual dengan perwakilan dari pihak Tokopedia untuk membahas mengenai kebocoran data pengguna tersebut. Johnny menerangkan kalau akan membentuk sebuah tim yang terdiri dari Kemenkominfo, BSSN, dan juga Tokopedia.

Akan tetapi dalam penjelasannya itu tidak disebutkan berapa lama target yang dibutuhkan untuk mengusut pelaku dibalik peretasan tersebut, dan berapa lama tim ini nantinya akan tergabung menyelesaikan kasus tersebut.

Dan masih dalam virtual meeting yang sama, dimana Menkominfo juga menjelaskan kalau pemerintah akan berusaha agar ekonomi digital di Indonesia ini tetap berjalan dengan baik. Meski pada dasarnya di satu sisi ada ancaman terkait peretasan data atau data breach oleh hacker sekalipun, diharapkan ini segera terselesaikan dan pengguna tidak dibuat khawatir lagi akan hal demikian.

baca juga: Cobain Kombo Carmilla dan Cecilion di Magic Chess Mobile Legends, Gila Banget!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.