Ada Pesan WhatsApp ‘Pemerintah Kasih Kuota Gratis 10GB’, Fakta?

0
399
Ada Pesan WhatsApp ‘Pemerintah Kasih Kuota Gratis 10GB', Fakta
Copyright ©Pikiran Rakyat

Kuota Internet Gratis Adanya yang 30GB Untuk Hal Tertentu

Oketekno – Beberapa waktu lalu ada beredar luas pesan yang mengatakan kalau pengguna bisa mendapatkan kuota internet gratis hingga 100GB untuk seluruh operator. Dikarenakan begitu besar, tentu saja pengguna WhatsApp dan lainnya tidak begitu banyak percaya lantaran itu jumlah yang terlalu besar.

Meski begitu, masih ada saja beberapa kalangan yang mempercayai terkait pesan tersebut dan klik tautan yang diberikan. Dan kali ini ada sebaran pesan serupa dengan nominal kuota yang lebih kecil, yakni 10GB saja dan itu berasal dari pemerintah. Lantas, pesan ini apakah fakta mengingat banyak bantuan dari pemerintah karena dampak virus corona?

Baca Juga: Smartphone Ini Diklaim Menjadi yang Paling Murah dengan RAM 8GB

Dalih pesan tersebut, pemerintah akan memberikan kuota internet gratis sebesar 10GB sebagai bentuk peduli terhadap masyarakat terdampak virus corona yang banyak mengalihkan aktivitasnya kini menjadi online, sehingga kebutuhan untuk tetap terhubung via internet sangat dibutuhkan.

Kuota Internet Gratis dari Pemerintah
Copyright ©Kumparan

“Kuota 10GB Gratis untuk melawan virus covid-19. Meskipun kita diwajibkan untuk tetap di rumah tapi sangat penting untuk kita tetap berhubungan dengan kerabat maupun keluarga kita. Maka dari itu pemerintah bekerja sama dengan seluruh provider di Indonesia membagikan kuota sebesar 10GB agar kita semua tetap berkomunikasi. Sebagai insentif dari pemerintah.” Begitulah bunyi dari pesan yang beredar luas di WhatsApp tersebut.

Baca Juga: Update Sistem Huawei P40 Bikin Kameranya Makin Mantap

Dan pihak Kominfo telah mengkonfirmasi kalau pesan tersebut tidak benar alias hoaks. Dikarenakan operator telekomunikasi lokal tidak menyediakan itu, begitu juga dengan pihak pemerintah yang tidak ada bantuan mengenai pemberian kuota internet gratis terhadap masyarakat.

“Saat ini pemberian kuota gratis dari Pemerintah adalah berupa kerja sama dengan operator telekomunikasi dengan memberikan layanan internet gratis melalui platform dunia pendidikan dan bukan seperti narasi pada pesan berantai tersebut,” begitulah keterangan dari Kemkominfo.

Selain itu, masyarakat juga diminta untuk tidak mudah percaya terhadap pesan seperti ini, apalagi beredar luas di WhatsApp tanpa link resmi. Dan untuk kuota gratis memang ada, dan setiap operator rata-rata menawarkan kuota 30GB untuk pembelajaran, serta beberapa kegiatan yang mendukung produktivitas pengguna lainnya.

baca juga: Resmi dari Telkomsel, Begini Cara Aktifkan Kuota Gratis 30GB!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.