Viral Pesan “Akun WhatsApp Anda Dibajak”, Berikut Penjelasannya!

0
279
Viral Pesan “Akun WhatsApp Anda Dibajak”, Berikut Penjelasannya!
Copyright ©Posbekasi

Beredar Pesan Pembajakan WhatsApp

OKETEKNO – Sering kali akhir-akhir ini beredar informasi yang menunjukkan kalau akun WhatsApp diretas, diambil alih, diambil datanya, dan lain sebagainya. Memang sih pakar keamanan tidak menutup kemungkinan peretas melakukan itu semua, akan tetapi kalau pengguna berhati-hati akan sangat sulit melakukan hal yang demikian.

Beberapa hari lalu beredar pesan yang membuat pengguna heboh, dimana itu berisi pesan yang menunjukkan pembajakan akun W.A dan cara menangkalnya. Namun harus diketahui bahwasanya hal yang dijelaskan itu salah, berdasarkan pengamatan dari pakar keamanan Vaksincom Siber, Alfons Tanujaya.

Baca Juga: Dirilis, Harga Xiaomi Mi 10 di Indonesia Masih Ramah Kantong

“Bapak/Ibu, kalau di hp Bapak/Ibu tiba2 muncul pesan seperti di atas, tolong JANGAN di OKE ya, tapi klik di verifikasi. Itu tanda hp Bapak/Ibu akan dibajak wa nya. Kalau sudah dibajak bisa dipakai untuk pinjam uang dll atas nama Bapak/Ibu. Mohon berhati-hati. Terima kasih,” begitulah isi pesan yang beredar itu.

WhatsApp Hack
Copyright ©Forbes

Berkaitan dengan hal demikian, Alfons Tanujaya telah mengungkap kalau pesan verifikasi muncul ketika pindah nomor atau WhatsApp telah diambil alih ketika kalian setujui SMS tersebut. Jadi selama kita tidak memberikan persetujuan atas SMS yang masuk itu untuk perpindahan akun, rasanya pesan ini tidak akan muncul.

Baca Juga: Seperti Inilah Hasil Zoom 100X Samsung Galaxy S20 Ultra

Dan ketika kalian tidak berpindah nomor atau beralih ke perangkat lain lalu ada pesan seperti itu, wajib dicurigai karena kalian seharusnya tidak mendapatkan SMS kode tersebut. Jadi kalau ada SMS verifikasi dengan 6 kode digit atau link verifikasi tanpa kalian merasa berpindah akun, maka itu tandanya sudah ada percobaan pembajakan.

“Tanpa menyetujui SMS yang masuk, notifikasi pesan di itu tidak akan muncul. Jadi pernyataannya salah. Dan sebenarnya mengambil kembali akun WhatsApp itu mudah. Instal ulang akun WhatsApp di ponsel, masukkan nomor hape Anda dan akan muncul verifikasi lewat SMS ke nomor hape, akun itu balik lagi,” begitulah keterangan Alfons, dan ia juga menyarankan mengaktifkan fitur autentikasi 2 faktor.

baca juga: Item OP Untuk Luo Yi yang Segera Hadir di Mobile Legends Secara Gratis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.