Asli! Ternyata Kamera HP Android Ini Bisa Tembus Pandang Loh

0
454
HP Android Tembus Pandang
Copyright ©AndroidPIT

Kamera Smartphone Ini Hasilkan Efek yang Tak Biasa Loh

Oketekno – Beberapa waktu terakhir ini kita sering mengetahui setiap perangkat ponsel selalu mengedepankan kemampuan kamera sebagai salah satu nilai jualnya. Sederet HP Android selalu berlomba menawarkan kemampuan terbaik entah itu dari segi resolusi, fitur, ataupun kualitas jepretannya.

Akan tetapi ada yang unik dari salah satu vendor, dimana menawarkan kemampuan kamera yang sejatinya bisa tembus pandang, namun tidak banyak pengguna mengetahuinya. Perangkat yang dimaksud kali ini adalah OnePlus 8 Pro.

Baca Juga: Samsung Galaxy A51 Jadi yang Terlaris di Dunia, No. 2 Smartphone Sejutaan!

Sebagaimana informasi yang beredar oleh pembocor gadget Max Weinbach di XDA Developer, ia mengatakan kalau OnePlus 8 Pro ini bisa melihat tembus jenis permukaan tertentu berkat kamera 5MP pada bagian punggung Smartphone tersebut.

OnePlus 8 Pro
Copyright ©Twitter

Kamera ini memang sengaja dibuat tanpa filter warna ataupun IR, sehingga bisa menghasilkan efek “artistik”. Sehingga kamera 5MP ini bisa menangkap cahaya infra red yang tak bisa direkam oleh kamera lain pada umumnya.

Dengan demikian untuk kamera HP Android ini saat efek “Photochrom” ini dinyalakan, maka kamera OnePlus 8 Pro ini bisa melihat melalui benda yang sebenarnya tidak terlihat transparan oleh mata manusia, misal seperti baju ataupun plastik.

Baca Juga: Cara Menyelamatkan Akun WhatsApp yang Sudah Kena Bajak

Dan seorang Youtuber gadget ternama, Marques Brownlee telah mencoba trik infra merah yang diungkap oleh Weinbach tersebut. Ternyata memang benar, dimana ponsel ini bisa menembus beberapa jenis plastik yang tidak dilengkapi IR Shielding.

Tidak cuman bisa menembus plastik saja, melainkan untuk kamera dari HP Android ini juga bisa melihat kertas yang memuat tulisan dan disembunyikan di balik baju juga loh. Meski dalam beberapa kondisi saja, namun ini jelas akan menjadi masalah.

Perlu diketahui bahwa SONY pada tahun 1998 pernah terpaksa melakukan recall terhadap salah satu model camcorder miliknya karena fitur infra merah yang kurang lebih mampu hasilkan efek serupa. Ini dikarenakan memang terkait ancaman privasi ketika pengguna menyalahgunakannya.

baca juga: Realme Siapkan Smartphone Spesial ‘Blade Runner’ Rayakan Pencapaian 35 Juta Pengguna

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.