5 Tanda Ini Bakal Kalian Temui Saat Akun WhatsApp Berhasil Diretas

0
464
Pakar Keamanan Ini Beberkan Cara Pelaku Retas Akun WhatsApp Korban
Pakar Keamanan Ini Beberkan Cara Pelaku Retas Akun WhatsApp Korban; Copyright ©World Economic Forum

WhatsApp Diretas, Ini Tanda yang Akan Muncul

Oketekno – Pada saat masa karantina seperti sekarang, ternyata para peretas telah melancarkan aksinya untuk berbuat jahat di dunia internet. Tidak terkecuali untuk mengambil alih akun dari beberapa pengguna WhatsApp untuk menggali informasi ataupun privasi yang ada di dalamnya.

Dan hal ini sudah terjadi beberapa kali terhadap korban yang berbeda dalam waktu berdekatan. Dimana tidak menutup kemungkinan target berikutnya adalah kalian. Kalau memang sudah terjadi hal demikian, kalian harus segera melakukan cara mengambil alih akun whatsapp yang kena retas.

Baca Juga: Harga iPhone Ini Turun Drastis Jelang Lebaran

Namun sebelum itu kalian juga harus mengenali berbagai macam tanda yang akan ditemui ketika akun berhasil diretas oleh orang lain dalam pembahasan berikut.

  1. Pesan Masuk Terbaca Sendiri

Centang Biru WhatsApp
Centang Biru WhatsApp; Copyright©evenbright

Ketika kalian menerima pesan baru akan tetapi langsung muncul tanda centang biru, padahal kalian masih belum melihat isi pesan tersebut, maka wajib curiga karena ini bisa jadi sudah ada pihak lain yang meretas akun kalian.

Mungkin ada kalanya kalian tanpa sengaja memencet tandai sudah dibaca pada notifikasi, namun kalau kejadiannya berulang kali, ada kemungkinan itu ulah peretas yang sudah berhasil mengakses akun kalian.

Baca Juga: Microsoft Mulai Kesampingkan Pengguna Windows 10 Versi Ini

  1. Periksa WhatsApp Web

Melihat Tampilan Dark Mode di WhatsApp Web
Melihat Tampilan Dark Mode di WhatsApp Web; Copyright©Techradar

Selanjutnya kalian bisa periksa bagian WhatsApp Web, dimana ini bisa jadi kalian lupa log out dari perangkat yang aktif, sehingga pesan langsung terbaca. Akan tetapi ada kemungkinan juga yang aktif di wa web ini adalah peretas.

Coba kalian periksa pada bagian menu tersebut, dan pastikan kalian sudah berhasil keluar dari semua perangkat terlebih dahulu. Baru mulai ulang pindai kode pada perangkat yang dikehendaki.

Baca Juga: Cara Mudah Mengirimkan Pesan Terjadwal di WhatsApp

  1. Akun Tiba-Tiba Logout

WhatsApp Chat
Copyright ©SlashGear

Untuk sekarang ini cuman satu perangkat saja yang bisa diaktifkan oleh sebuah nomor, dan ketika nomor yang sama diaktifkan di perangkat lain pasti di perangkat kalian akan otomatis logout sendiri.

Marak kejadian pengiriman kode OTP mendadak yang memaksa pengguna mengirimkan pesan tersebut kepada si peretas. Entah itu dari link atau secara gamblang dengan meminta kodenya secara langsung. Jadi, kalau ada pengguna lain yang minta kode OTP ini jangan dikasih secara sembarangan, begitu juga ketika ada kiriman link.

Baca Juga: Bahaya, Klik OK Pada Notifikasi Ini Bisa Buat Akun WhatsApp Berpindah Tangan

  1. Ada Aplikasi Asing

Cara Buka Kunci Aplikasi Android Paling Anti-Mainstream
Copyright ©Gadget Hacks

Tanpa kalian sadari mungkin ada aplikasi asing yang mendadak terpasang dengan sendirinya, jika ada kejadian seperti ini harus waspada, karena bisa jadi itu adalah malware yang berpotensi meretas akun kalian.

Selalu periksa aplikasi terpasang secara berkala pada perangkat kalian, namun jangan sembarangan uninstall karena kita tidak tau kalau ternyata aplikasi tersebut merupakan milik sistem.

Baca Juga: Facebook dan WhatsApp Bersatu Untuk Tandingi Pesaingnya yang Tengah Naik Daun

  1. Pesan Terkirim Sendiri

WhatsApp Pesan Suara
Copyright ©Oketekno

Dan yang paling parah yakni ada pesan bisa terkirim sendiri. Kalau ada kejadian seperti ini maka kalian harus segera ambil tindakan pengamanan. Karena kalau sampai salah digunakan bisa gawat pastinya.

Itulah beberapa tanda yang menunjukkan kalau akun WhatsApp kalian sudah berhasil diretas oleh pihak tidak diketahui. Selamat mencoba.

baca juga: Cara Mengaktifkan WhatsApp Web di Banyak Perangkat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.