4 Penyebab Baterai HP Cepat Habis yang Harus Segera Diatasi

0
438
penyebab baterai HP cepat habis
Copyright ©Shutterstock

Penyebab dan Cara Mengatasi Baterai HP Cepat Habis

Oketekno – Untuk sekarang ini memang sudah banyak ponsel yang dilengkapi dengan kapasitas baterai jumbo. HP Android sendiri sepertinya sudah menjadikan kapasitas 4.000 mAh sebagai standar untuk semua segmen ponsel.

Akan tetapi ada beberapa seperti Samsung Galaxy M21 yang hadir dengan kapasitas baterai hingga 6.000 mAh. Namun kalau tidak didukung dengan berbagai macam tips menghemat baterai juga akan percuma, belum ada sehari saja tidak menutup kemungkinan sudah bisa langsung habis.

Baca Juga: Mulai Dijual, Segini Harga Samsung Galaxy M21 di Indonesia

Dan sebagai pengguna yang ingin mendapatkan daya tahan baterai lebih lama, meski cuman 4.000 mAh saja, bisa kenali berbagai macam penyebab baterai HP cepat habis sebagai berikut, dan segera atasi.

  1. Kecerahan Layar

Layar
Copyright ©Istimewa

Memang sih ketika berada di luar ruangan, kecerahan layar harus terang juga agar bisa tetap nyaman dilihat. Akan tetapi perlu diketahui bahwa hal semacam ini akan membuat baterai menyuplai daya lebih besar terhadap layar.

Oleh karenanya kurang menggunakan ponsel di luar ruangan, terlebih dibawah terik sinar matahari langsung. Dan ketika berada dalam ruangan juga jangan terlalu cerah, ini bertujuan membuat daya tahan baterai bisa lebih hemat.

Baca Juga: Asli! Ternyata Kamera HP Android Ini Bisa Tembus Pandang Loh

  1. Aplikasi yang Berjalan

Aplikasi Latar Belakang
Copyright ©Istimewa

Walaupun sebenarnya layar sudah terkunci, namun beberapa aplikasi akan tetap berjalan di latar belakang untuk memperbarui datanya. Dan tentu ini akan membuat ponsel terus bekerja, terlebih komponen baterai yang akan terus menyuplai daya dalam skala cukup besar.

Untuk itu, lebih disarankan bagi kalian untuk mematikan aktifitas di latar belakang terhadap aplikasi yang tidak terlalu penting. Cuman nyalakan pada aplikasi chatting dan sosial media saja lebih direkomendasikan.

Baca Juga: Resmi Diperkenalkan, Samsung Galaxy A21s Hadir dengan 4 Kamera Baterai Jumbo

  1. GPS

GPS
Copyright ©Istimewa

Poin berikutnya yang jadi penyebab baterai HP cepat habis yakni GPS, dimana ini akan terus melakukan pembaruan posisi ponsel melalui koneksi internet. Sehingga ini akan membuat baterai bekerja ekstra, karena menyuplai ke komponen GPS juga ke jaringan agar selalu aktif terhubung.

Jadi, alangkah lebih baik jika kalian mematikan GPS ketika sedang tidak digunakan atau mungkin pada saat berada di dalam rumah atau ruangan. Nyalakan pada saat kalian bepergian saja itu lebih direkomendasikan.

Baca Juga: Perpanjangan Larangan Huawei Buat Nasib Apple Kian Terancam, Kok Bisa?

  1. Jaringan

Jaringan
Copyright ©Istimewa

Saat kalian sudah terhubung dengan jaringan WiFi, sebaiknya aktifkan mode pesawat saja kalau memang nomor ponsel tidak begitu diperlukan. Ini bertujuan agar perangkat tidak terlalu bekerja keras dalam memperbarui jaringan untuk tetap membuat ponsel online. Begitu juga dengan sebaliknya, dimana saat menggunakan paket data, matikan jaringan WiFi agar tidak terus melakukan pencarian.

Itulah berbagai macam penyebab baterai HP cepat habis juga cara mengatasinya yang mudah untuk diterapkan. Selamat mencoba.

baca juga: 5 HP OPPO Ini Lagi Diskon Hingga Rp 1 Jutaan, Yuk Pilih Mana?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.