Data Diri 200 Juta Warga Indonesia Ada di Tangan Hacker, Benar?

0
287
Hacker
Hacker; Copyright©Twitter

Lagi-Lagi Hacker Ambil Privasi Warga Indonesia

OKETEKNO – Beberapa waktu terakhir ini banyak informasi mengenai peretasan di jagat maya, dimana kalau kemarin terkait pembobolan akun WhatsApp, dan ancaman privasi dari perangkat Smartphone. Akan tetapi kali ini bukan demikian, karena ada data diri warga Indonesia di tangan Hacker.

Dengan demikian orang yang sejatinya sudah melindungi diri sebaik mungkin di perangkat Smartphone, akan tetap terkena dampaknya. Seorang peretas ini mengaku kalau jutaan data penduduk ini diambil dari situs Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada tahun 2013 silam, dan data DPT 2014 yang dimiliki berbentuk file PDF.

Baca Juga: Dibongkar Total, Begini Jeroan Xiaomi Mi 10 di Indonesia

Kebocoran data tersebut telah diungkap oleh akun Twitter @underthebreach, dan berdasarkan tangkapan gambar yang diunggah pada forum ini ada 2,3 juta data kependudukan. Dimana di dalamnya termuat informasi sensitif seperti nama lengkap, nomor KK, Nomor Induk Kependudukan, tempat tanggal lahir, alamat rumah hingga beberapa data pribadi lainnya.

Data Warga Indonesia Bocor
Copyright ©Twitter

Hacker ini juga mengaku masih memiliki 200 juta data warga Indonesia yang akan dibocorkan pada komunitas peretasnya lagi. Dan tentu ini akan sangat berguna bagi peretas, karena mereka butuh nomor telepon juga identitas intim seperti NIK dan KK untuk melancarkan aksi tidak baiknya.

Baca Juga: Huawei Beneran Ditambah Sulit Oleh Pemerintah AS, Ini Buktinya!

Namun ini masih sebatas dugaan awal saja, dan berkaitan dengan masalah tersebut pihak KPU maupun Kominfo juga masih belum memberikan keterangan resmi mengenai kebocoran data yang sudah ramai diperbincangkan di jagat Twitter tersebut.

Oh ya, berkenaan dengan akun @underthebreach ini sebelumnya juga sempat mengungkap sebuah kasus terkait kebocoran data 91 juta pengguna Tokopedia beberapa waktu lalu. Dan itu direspon dengan cepat oleh beberapa lembaga terkait, terutama Tokopedia sendiri yang segera melakukan pembenahan platform.

Apakah yang diinformasikan kali ini oleh Hacker benar, bahwa mereka memiliki ratusan juta data penduduk Indonesia? Masih belum diketahui pasti, apakah memang demikian, atau cuman gertakan belaka saja.

baca juga: Sebenarnya Boleh Nggak Sih Pakai VPN Untuk Main PUBG Mobile?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.