Meski Pemula, Huawei Yakin OS Miliknya Mampu Tandingi Android dan iOS

0
523
Jaringan Huawei
Jaringan Huawei; Copyright©Liputan6

HarmonyOS Sudah Berkembang dan Mampu Tandingi Android dan iOS

OKETEKNO – Tentu ini menjadi pukulan yang berat bagi Huawei, karena pihaknya tidak memiliki izin lagi untuk menggunakan berbagai macam layanan dari Google, sehingga untuk sederet perangkat terbarunya juga tidak bisa mendapatkan akses aplikasi Google, meski dipasang secara manual sekalipun.

Itu berkaitan dengan sanksi pemerintah Amerika Serikat yang telah memasukkannya dalam daftar hitam, sehingga memaksa perusahaan asal China ini untuk membuat sistem operasinya sendiri. Karena kalau tetap menggunakan OS Android dirasa juga percuma juga, lantaran tidak dapat menggunakan berbagai macam aplikasinya.

Baca Juga: China Disebut Kurang Efektif Jika Balas Dendam Lewat Apple

Pada tahun lalu sudah diperkenalkan yang namanya HarmonyOS dimana ini masih belum diterapkan pada perangkatnya, karena Android bisa dikatakan lebih stabil pada saat itu, meski sejatinya tidak bisa mengakses aplikasi Google sekalipun. Ada cukup banyak perangkat yang menawarkan hal demikian, diantaranya yakni Huawei P40 Pro yang beredar luas di Indonesia.

HarmonyOS
Copyright©Huawei

Akan tetapi setelah berkembang selama beberapa waktu, pihak eksekutif Huawei telah yakin kalau sekarang ekosistem HarmonyOS ini mampu bersaing dengan milik Google dan juga Apple. Dikarenakan sudah cukup besar dan memiliki aplikasi yang cukup kaya, serta sederet fitur menarik juga.

Baca Juga: Smartphone Terbaru Google Tak Lagi Pakai Chip Flagship?

“Huawei berada dalam posisi untuk membuat ekosistem yang setara dengan ekosistem Google dan Apple. Kami punya kepercayaan diri untuk menjadi salah satu ekosistem developer top di dunia,” seperti itulah yang dikatakan oleh Vice President of Consumer Cloud Services Huawei, Eric Tan.

Untuk sekarang ini juga masih terus mengalami perkembangan, dimana termasuk aplikasi, peta, hingga layanan pembayaran juga. Dan Tan menerangkan kalau pada akhir bulan Maret kemarin sudah ada 1,4 juta developer tergabung dengan pihaknya, sehingga mendapatkan kenaikan sebesar 115% dari tahun sebelumnya.

Bukan cuman bisa berjalan di perangkat Smartphone saja, melainkan salah satu kelebihan OS baru milik Huawei ini yakni bisa berjalan di berbagai jenis perangkat. Dan itu diharapkan bisa menjadi solusi menarik bagi vendor lain kedepannya jika ingin menggunakan layanan miliknya.

baca juga: Bangga! Ada Game eSport MOBA Buatan Lokal yang Perlu Kalian Coba Keseruannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.