Apple Hadirkan Pembaruan iOS 13.5 dengan Fitur COVID-19

0
446
iPhone dan iPad Dapatkan Update Sistem, Ini Sederet Pembaruannya!
Copyright ©Twasul

Apple Rilis iOS 13.5 dengan Sederet Fitur Kesehatan

Oketekno – Dalam beberapa waktu terakhir ini tidak sedikit developer yang berusaha menawarkan aplikasi demi melacak atau membantu penanganan penyebaran COVID-19. Tidak terkecuali Apple yang malah menawarkan fitur khusus untuk menangani pandemi ini melalui sistem operasi iOS 13.5.

Perusahaan asal Cupertino tersebut diketahui belum lama ini telah merilis pembaruan sistem operasi terbaru versi 13.5 ini untuk perangkat iPhone dan juga iPad. Dengan adanya beberapa penyesuaian, pengguna bisa lebih mudah lagi untuk menggunakan perangkatnya.

Baca Juga: Poster Vivo Y70S Muncul Ungkap Beberapa Spek Penting

Misal seperti saat melakukan pemindaian fitur keamanan Face ID, maka pengguna tidak perlu lagi membuka masker. Dimana ini sebelumnya masih belum bisa dilakukan, karena pemindaian akan dilakukan secara menyeluruh terhadap seluruh bagian titik wajah.

iOS 13.5
Copyright©TNW

Dan melalui pembaruan iOS 13.5 ini nantinya fitur Face ID melalui bantuan TrueDepth camera sudah bisa dilakukan meski pengguna tetap menggunakan masker sekalipun. Dikarenakan sistem akan melewati (bypass) kalau memang pengguna pakai masker, dan diharuskan memasukkan sejumlah code yang sudah dibuat sebelumnya.

Baca Juga: Meski Pemula, Huawei Yakin OS Miliknya Mampu Tandingi Android dan iOS

Bukan cuman untuk mengunci layar saja, melainkan fitur keamanan semacam ini juga dilakukan ketika pengguna melakukan verifikasi pada saat melakukan pembayaran online. Dan bersamaan dengan itu, ada pembaruan Exposure Notification API, dimana itu merupakan fitur contact tracing COVID-19 yang dikembangkan Apple bersama Google.

Aplikasi dari lembaga kesehatan yang mendukung Exposure Notification API ini nantinya bisa memanfaatkan fitur bluetooth pada perangkat untuk mengetahui apakah ada orang yang telah positif COVID-19 berada di areanya atau tidak.

Kalau memang ada, maka pengguna bakalan mendapat notifikasi dan petunjuk langkah berikutnya yang harus dilakukan. Dan Exposure Notification ini bukanlah aplikasi, melainkan hanya sekedar Application Programming Interface (API) saja yang mana bisa digunakan untuk aplikasi dengan fitur contract tracing terkait.

Selain itu, Apple juga menawarkan fitur untuk membagikan aneka informasi kesehatan pengguna secara otomatis saat melakukan panggilan darurat (SOS) seperti alergi terhadap suatu hal dan lainnya pada iOS 13.5. Sehingga bisa dibilang kalau sistem operasi ini lebih mendukung terhadap kesehatan dan keselamatan para penggunanya.

baca juga: Data Diri 200 Juta Warga Indonesia Ada di Tangan Hacker, Benar?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.