Samsung Rilis Chipset 5G Baru Tandingan Snapdragon 765G

0
490
Samsung Exynos 880
Copyright ©Sammobile

Samsung Rilis Exynos 880 dengan Dukungan Koneksi 5G

Oketekno – Kurang lebih sama seperti Huawei dan Apple, dimana Samsung juga menjadi salah satu vendor mandiri yang mana beberapa komponen utamanya dibuat sendiri. Tidak cuman layar, melainkan chip processor yang tertanamkan juga demikian.

Dimana vendor asal Korea Selatan ini memiliki Exynos yang tertanam pada sebagian besar perangkatnya yang beredar di pasaran. Meski tetap menjalin kerjasama dengan Qualcomm, namun itu cuman ditujukan untuk beberapa wilayah tertentu saja, seperti Amerika Serikat, Eropa, dan beberapa Negara di Asia.

Baca Juga: Apple Hadirkan Pembaruan iOS 13.5 dengan Fitur COVID-19

Laporan terbaru menyebut kalau Samsung telah resmi meluncurkan chip terbarunya untuk menandingi Snapdragon 765G sebagai chip kelas menengah dengan dukungan jaringan 5G. Chip tersebut dinamakan Exynos 880 dengan kecepatan downlink mencapai 2,55 Gbps dan uplink hingga 1,28 Gbps.

Exynos 880
Copyright ©Gizmochina

Bukan cuman itu saja, melainkan SoC terbaru dari Samsung ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi E-UTRA Dual Connectivity dimana mampu mengkombinasikan antara jaringan 5G dengan 4G dengan kecepatan downlink 3,55 Gbps dan uplink 1,38 Gbps.

Baca Juga: Mantap! Tim Gabungan Mahasiswa, Dosen, Polisi dan TNI Manado Sukses Bikin Game Shooter

Exynos 880 ini telah hadir dengan CPU Octa Core yang terdiri dari 2 x 2.0 GHz Cortex-A77 core dan 6 x 1.8 GHz Cortex-A55 cores. Chip ini berkombinasi dengan GPU Mali-G76 dengan NPU khusus untuk kebutuhan pemrosesan AI.

Processor ini juga memiliki dukungan kamera beresolusi 64MP atau dual kamera hingga beresolusi 20MP. Dan dalam masalah perekaman video, bisa mendukung kemampuan rekam hingga 4K dalam kecepatan 30fps dengan encoding dan decoding Hight Efficiency Video Coding / HEVC (H.265), H.264, dan VP9.

Sebagaimana dilansir dari GizmoChina, meski ini merupakan chipset buatan Samsung, akan tetapi Exynos 880 malah tertanamkan lebih awal pada Vivo Y70s yang baru saja dirilis beberapa waktu lalu. Akan tetapi yang jelas kedepan bakal digunakan juga pada ponsel Galaxy A series atau M series.

baca juga: Cara Masuk PUBG Mobile 0.19 Beta Untuk Rasakan Pembaruan Lebih Awal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.