Aplikasi Android Pesaing iMessage Ini Bakal Lebih Aman?

0
392
aplikasi google
Copyright ©TeknoKompas

Google Bikin Pesaing iMessage dengan Perlindungan Enkripsi

Oketekno – Seperti yang diketahui bahwa Apple dan Google menjadi dua perusahaan yang seolah paling berkuasa dalam bisnis Smartphone. Dikarenakan tanpa adanya aplikasi android ataupun iOS, seolah perangkat akan ditinggalkan oleh sebagian besar pengguna, karena mereka sudah akrab banget dengan OS juga aplikasi buatan mereka.

Meski sejatinya berbeda platform, akan tetapi persaingan sengit tetap terjadi. Dimana sudah lama dikabarkan kalau Google akan membuat aplikasi perpesanan yang menjadi pesaing iMessage. Akan tetapi layanan bernama Rich Communication Services (RCS) ini masih terkendala karena vendor dan operator masih belum menemukan titik temu.

Baca Juga: Sederet Smartphone Murah RAM 6GB Harga Rp 1 – 2 Jutaan Doang!

Ini dikarenakan memang RCS kedepannya akan menggantikan peran SMS yang mana tidak bisa digunakan untuk berkirim pesan teks, melainkan juga akan bisa digunakan mengirim pesan multimedia lain. Dan itu tidak memandang ukuran, serta layanan ini kedepannya bakalan gratis.

Google RCS
Copyright ©9to5Google

Pihak Google merencanakan kalau aplikasi android terbarunya ini nanti akan terpasang secara default pada seluruh HP Android yang menjalankan sistem operasi Android. Dan dikatakan kalau perkembangan RCS ini nantinya akan dilengkapi dengan sistem end-to-end encryption, keamanan yang sama seperti platform WhatsApp.

Informasi ini telah diungkap oleh 9to5Google, dimana pada saat tim mereka telah mengoprek APK aplikasi Google Message versi 6.2. Setelah menelusurinya lebih dalam, mereka menemukan kalau pesan yang dikirim via RCS terlindungi oleh enkripsi tersebut.

Baca Juga: Unik! Ini 4 Hero Langganan Banned di Rank Atas Mobile Legends

Masih belum diketahui apa saja syarat bagi pengguna agar bisa mengirim pesan terenkripsi ini. Dan dugaan sementaranya yakni pengirim atau penerima juga harus memiliki aplikasi yang sama, karena kalau berbeda juga pesan tidak bisa terlindungi sebagaimana yang dijanjikan.

Bukan cuman itu saja, pesan SMS ataupun MMS ini nantinya juga tidak akan ter enkripsi ketika jaringan dari Smartphone pengguna tidak baik. Ketika jaringan tidak stabil atau mungkin sangat buruk, maka pesan akan menjadi SMS atau MMS biasa tanpa perlindungan.

Akan tetapi pengguna yang mengalami masalah seperti itu nantinya bakalan mendapatkan notifikasi terlebih dahulu. Dan sepertinya aplikasi android terbaru Google ini memiliki sistem keamanan lain, yang membuat laporan saat pesan tidak terenkripsi terhadap penggunanya.

baca juga: 4 Smartphone Murah Rp 1 Jutaan yang Nyaman Dipakai Seharian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.