Bahaya! Kode Voucher Game Abal-Abal Bisa Ambil Alih Akun WhatsApp Kalian

0
404
Cara Mengatasi Pesan WhatsApp Mendadak Hilang
Cara Mengatasi Pesan WhatsApp Mendadak Hilang; Copyright©headtopics

Kode Voucher Game Indomaret Jadi Medianya

Oketekno – Untuk sekarang ini platform telekomunikasi WhatsApp sudah menjadi yang terpopuler dan menjadi andalan hampir setiap kalangan. Akan tetapi dibalik itu, tentu banyak orang mengincar setiap privasi para pengguna, mengambil data pribadi atau sampai mengambil alihnya.

Walaupun sebenarnya sudah dilengkapi dengan sistem enkripsi end-to-end yang diyakini aman dari serangan digital, akan tetapi beberapa kejadian bisa membuat akun pengguna bisa diretas dengan mudahnya kalau kalian juga tidak waspada serta turut mendukung keamanan akun.

Baca Juga: Benedetta, Hero Assassin Baru di Mobile Legends dengan Skill Komplit

Berbagai macam cara telah dilakukan oleh para peretas demi mendapatkan akun WhatsApp kalian. Dan laporan terbaru kali ini banyak keluhan berasal dari voucher game atau streaming film tidak resmi. Mereka mendapatkan kode dari lembaga tersebut untuk mengakses masuk akun milik mereka.

pesan bahaya 1
Copyright ©detikINET

Tangkapan layar di atas menjadi salah satu contoh bentuk aksi kejahatan yang meminta kode verifikasi terhadap pengguna asli, agar mereka mendapatkan akses masuk ke akun WhatsApp yang menjadi target atau tujuan peretasannya.

Baca Juga: Ada 3 Aplikasi Google Baru Untuk Pengguna Berkebutuhan Khusus

Kemudian SMS itu nantinya akan diikuti dengan usaha pembajakan akun yang bakal memicu server W.A mengirimkan SMS ke nomor korbannya, dimana seringkali mereka menggunakan bahasa asing dan sulit dimengerti agar aksinya tersamarkan. Seperti ini misalnya:

pesan bahaya 2
Copyright ©detikINET

Setelah dua pesan tersebut dikirimkan, nantinya korban bakalan di telepon dan pelaku akan menjelaskan seolah ia sudah berbuat kesalahan untuk mengirimkan kode voucher game ke nomor korban, dan meminta korban untuk membacakan kode tersebut.

Baca Juga: Beberapa Hal Menarik Soal iPhone SE 2020 yang Harus Kamu Tau

Padahal itu adalah kode verifikasi untuk masuk ke akun korban, namun karena dengan bahasa tidak jelas bisa saja mereka akan menyerahkan begitu saja. Hingga pada akhirnya kode OTP 6 angka itu jatuh pada tangan yang salah.

Memang sih dengan kejadian seperti ini mungkin kalian akan jera menolong orang lain. Tapi jangan demikian, karena menolong orang menjadi bentuk kebaikan yang langka dimiliki oleh orang sepenuhnya.

Kalau memang akun WhatsApp kalian diretas dan masih dapat akses nomor yang digunakan, kalian bisa hapus aplikasi dan pasang lagi segera lanjut dengan pendaftarannya. Itu bertujuan untuk mengambil alih akun kalian lagi, sebelum peretas berhasil memuat seluruh history percakapan kalian.

baca juga: 4 Smartphone Murah Rp 1 Jutaan yang Nyaman Dipakai Seharian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.