Cara Mudah Hubungkan Kamera Smartphone ke Laptop dan PC

0
503
Jadikan Webcam
Copyright ©Gizmologi

Trik Menyambungkan Kamera Smartphone Ke Perangkat Desktop

Oketekno – Sebagian besar dari kalian mungkin ada yang pada bingung bagaimana sih menampilkan muka kita dengan jelas saat melakukan rapat virtual melalui aplikasi Zoom atau mungkin yang lain saat menggunakan Laptop ataupun Komputer.

Ternyata hal ini bisa diakali dengan mudah, dimana kalian bisa memanfaatkan Smartphone kalian untuk merekam diri kalian. Jadi seolah ponsel bisa menjadi sebuah webcam, sehingga kalian tidak perlu lagi membeli kamera tersebut hanya untuk rapat online ataupun melakukan video call dengan teman sekalipun.

Baca Juga: Tanda Samsung Bakal Tawarkan Baterai Lepas-Pasang Lagi di Ponsel Buatannya

Apalagi kalau di rumah ada HP nganggur, tentu ini akan berguna banget. Meski pada dasarnya kamera tidaklah terlalu besar resolusinya, namun jelas itu sudah lebih tinggi daripada yang menjadi bawaan laptop dimana rata-rata tidak ada 5MP malahan.

Webcam Smartphone
Copyright ©Cnet

Ada beberapa macam cara untuk menghubungkan kamera ponsel ke perangkat Laptop ataupun PC, dan langkah termudahnya yakni melakukannya secara wireless. Lebih jelasnya bisa simak langkah-langkahnya sebagai berikut.

Baca Juga: Vivo X50 Hadir dalam 3 Model, Smartphone dengan Gimbal Pertama Harga Terjangkau

  • Pertama, kalian unduh terlebih dahulu aplikasi DroidCam di Google Play Store. Aplikasi ini butuh android versi 5 ke atas
  • Setelah itu, kalian bisa unduh Windows Client di PC/ Laptop dan pasang pada perangkat kalian
    Link Download: https://www.dev47apps.com/droidcam/windows/
  • Jika sudah berhasil terpasang semuanya, kalian buka aplikasi di Laptop/ PC atau di ponsel kalian. Pastikan terhubung pada jaringan WiFi yang sama
  • Dan pada HP Android, kalian akan melihat beberapa angka setelah WiFi IP dan DroidCam Port. Kalian masukkan angka tersebut ke PC yang tertulis ‘Device IP’ dan ‘DroidCam Port’, dan pastikan kalau video dan Audio juga sudah dicentang, kemudian klik Start
  • Dalam beberapa saat, kalian otomatis terhubung dan tinggal atur pada aplikasi meeting online kalian. Ubah pengaturan sumber kamera menjadi DroidCam untuk kamera dan DroidCam Virtual Audio untuk suara/ mikrofon.

Kurang lebih seperti itulah cara menghubungkan kamera Smartphone ke perangkat Laptop ataupun PC untuk memperjelas wajah kalian ketika konferensi online. Selamat mencoba.

baca juga: Huawei Gandeng Layanan Ini Untuk Gantikan Aplikasi YouTube

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.