Waspada, Ratusan Data Penting Akun YouTube Terjual di Pasar Gelap

0
255
YouTube Danger
Copyright ©Indiatimes

Youtuber Harus Aktifkan Autentikasi Dua Faktor

Oketekno – Banyak jalan dan cara untuk meretas akun dunia maya milik seseorang, dimana mereka bisa mendapatkan informasi penting yang dimiliki oleh pengguna untuk dimanfaatkan secara pribadi. Tidak terkecuali akun YouTube yang sejatinya sudah terlindungi oleh Google sekalipun tetap bisa dilakukan peretasan.

Diketahui belum lama ini bahwa banyak akun dari youtuber ternama telah terjual datanya di pasar gelap juga forum dark web. Peneliti perusahaan Intelijen InstSights telah mengungkap kalau data dari saluran YouTube ini memang sebagai salah satu sumber paling berharga bagi para peretas di jagat maya.

Baca Juga: Final Fantasy VII Remake Laris Manis di Pasaran

Tentu saja data seperti ini nantinya akan digunakan oleh mereka sebagai media penipuan yang efektif. Selain itu, juga bisa memberikan serangan terhadap mereka dengan cara menyusupkan malware terhadap perangkat yang digunakan oleh pengguna.

YouTube Mulai Uji Fitur Pembagian Waktu dalam Satu Video
Copyright ©Teknologi

Bukan cuman itu saja, kalau memang pengguna mendapatkan data tersebut juga akan lebih menguntungkan kalau dijual kembali di forum gelap seperti itu. Sehingga mereka akan mendapatkan keuntungan ganda pastinya. Begitulah informasi yang dilansir dari TechRadar Pro.

Baca Juga: Samsung Galaxy M01 Dirilis Harga Sejutaan

Selain itu, belum lagi kalau pengguna diberikan penawaran uang tebusan sehingga keuntungan yang didapat berlipat ganda lagi. Dikarenakan meski kurang terkenal sekalipun, kalau memang pengguna merasakan akun tersebut menjadi salah satu hal penting, jelas mereka akan berusaha untuk menebus dari para peretas tersebut.

Untuk peretas sendiri biasanya akan melelang barang curiannya dengan cepat di forum dark web. Dimana untuk jumlah 687 akun biasa dihargai US$ 400 – 5 ribu. Lelang ini berlangsung 24 jam, sebelum pengguna atau korban mengadukannya kepada pihak Google.

Disamping itu, InSights telah berhipotesis kalau peretas bisa mencuri data penting dari akun YouTube orang lain itu biasanya berasal dari basis data Google juga komputer yang sudah terinfeksi malware. Oleh karenanya, lembaga intelijen menyarankan seluruh youtuber untuk mengaktifkan otentikasi dua faktor agar lebih aman.

baca juga: Dynasty Warriors 9 Versi Mobile Segera Dirilis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.