Cara Mudah Cadangkan Pesan dan File Penting Manual di WhatsApp

0
341
Terusan Pesan di WhatsApp Kini Cuma Sekali
Copyright ©UrbanDigital

Trik Mencadangkan File dan Pesan Penting di WhatsApp

Oketekno – Perlu diketahui bahwasanya sebagai platform perpesanan populer, tentu beberapa percakapan ada yang penting untuk diperhatikan. Begitu juga dengan file yang mungkin ada dimana harus disimpan dengan baik pada platform WhatsApp.

Jika memang demikian, kalian harus mencadangkannya dengan segera karena memang tidak ada yang tahu kapan aplikasi perpesanan dibawah naungan Facebook ini terjadi error. Dan untuk melakukannya, kalian tidak perlu harus menunggu lama pencadangan otomatis, karena hal semacam ini bisa dilakukan secara manual.

Baca Juga: Harga Setara Redmi Note 9, Begini Spesifikasi Redmi 9!

Masih dengan memanfaatkan layanan milik Google, akan tetapi untuk pencadangan foto juga bisa diterapkan dengan langkah berbeda. Cara mencadangkan pesan dan file penting di aplikasi WhatsApp yakni sebagai berikut.

Cadangkan WhatsApp
Copyright©Istimewa
  1. Cadangkan Pesan

Untuk mencadangkan pesan ini, kalian buka terlebih dahulu aplikasi WhatsApp yang terpasang di perangkat kalian. Kemudian klik ikon titik tiga yang ada di pojok kanan atas layar, dan klik pengaturan. Setelah itu masuk ke bagian menu Obrolan>> Obrolan Cadangan.

Kalian bisa pilih akun Google yang digunakan sebagai pencadangan, dan tentukan jaringan WiFi kalau memang dapat, karena lebih hemat. Namun dalam beberapa waktu penting, kalian juga harus menggunakan data seluler agar bisa melakukannya dimana saja dan kapan saja.

Jika pencadangan sudah selesai, maka pengguna akan menemukan file cadangan WhatsApp ini pada layanan Google Drive, tepatnya pada folder Backups. Ketika ingin ganti perangkat, maka kalian bisa memulihkan semua percakapan yang terjadi di perangkat sebelumnya.

Baca Juga: Ada 6 Fitur Baru WhatsApp yang Tengah Diuji Coba

  1. Cadangkan Foto

Sedikit berbeda dengan langkah pertama, dimana kali ini memanfaatkan layanan Google Photos, dimana aplikasi ini sudah menjadi bawaan HP Android. Caranya yakni buka aplikasi photos tersebut, klik tombol menu di kiri atas layar>> klik folder perangkat.

Setelah itu temukan folder Photos di WhatsApp, kalau memang pengguna masih belum aktifkan sinkronisasi, maka akan ada ikon cloud. Kalau memang demikian, kalian bisa geser tombolnya ke kanan untuk mengaktifkannya.

Dengan demikian, semua foto yang ada di aplikasi WhatsApp bisa dilihat oleh pengguna pada aplikasi Google Photos tertata rapi semuanya. Selamat mencoba.

baca juga: 20+ Game yang Siap Dimainkan di PS5

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.