Ditekan AS, Huawei Tetap Mampu Saingi Samsung dan Jadi yang Terlaris di Dunia

0
389
Huawei Ikuti Jejak Pelayanan Spesial Xiaomi di Indonesia
Copyright ©FFDroid

Huawei Kini Jadi Raja Ponsel Dunia

Oketekno – Sudah tidak asing lagi di telinga para pengikut perkembangan dunia teknologi terutama perangkat Smartphone. Dikarenakan sejak ditekan oleh pemerintah AS, seolah bisnis ponsel Huawei berantakan di pasar global, sehingga seolah tidak mungkin bersaing lagi dengan Samsung.

Namun ternyata cukup mengejutkan, dimana Counterpoint telah memberikan data bahwa vendor asal China ini berhasil menjadi yang paling laris di Dunia dan sukses menyalip Samsung dimana selama beberapa tahun terakhir ini berkuasa terus di posisi puncak.

Baca Juga: Duo HP Xiaomi yang Siap Dapatkan Update Android 11 Beta

Induk perusahaan Honor tersebut disebut menjadi raja ponsel Dunia dengan penguasaan Market Share 21,4 persen. Sedangkan Samsung hanya mendapatkan 19,1 persen pada bulan April 2020 kemarin. Dan tentunya ini menjadi sejarah baru dalam bisnis ponsel, karena juara bertahan telah berhasil ditumbangkan.

Huawei P40 Pro Plus
Copyright ©Yandex

Wakil Presiden Riset Counterpoint, Neil Shah telah menjelaskan kalau pengapalan ponsel secara global memang telah mengalami penurunan 41% dari tahun sebelumnya, sehingga bulan April kemarin cuman ada 69,37 juta unit saja yang dikirimkan.

Meski mengalami penurunan dan mendapat tekanan luar biasa dari pemerintah AS, sehingga tidak mendapatkan aplikasi Google. Nyatanya bukan jadi persoalan intim bagi Huawei untuk berkembang, karena masih ada beberapa dukungan yang diberikan.

Baca Juga: Harga Setara Redmi Note 9, Begini Spesifikasi Redmi 9!

Terutama di China sendiri dimana vendor berikut menjadi rajanya, karena sejak ada pemblokiran dari pihak AS, membuat sebagian besar masyarakat memprioritaskan membeli produknya. Hingga membuat vendor lain yang dari China juga seperti OPPO, Vivo, Xiaomi, dan yang lain lebih mementingkan pasar global ketimbang lokal.

Jadi, meski mengalami penurunan drastis di pasar global karena tidak ada dukungan layanan Google Mobile Services, sehingga aplikasi seperti Google Play Store, YouTube, dan lainnya tidak berfungsi. Namun masih ada Huawei Mobile Services sebagai penggantinya, yang mana ini lebih sesuai dengan masyarakat China.

Untuk sekarang ini Huawei Mobile Services ini juga sudah tidak seperti saat penggantian pertamanya lalu, melainkan sudah cukup berkembang lantaran banyak developer berminat menjalin kerjasama. Sehingga tidak menutup kemungkinan, HMS kedepan berkompetisi sengit dengan Play Store ataupun App Store.

baca juga: Layanan Huawei Semakin Berkembang dan Kuat Tandingi Google

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.