Developer Game Fortnite Protes Terhadap App Store, Ada Apa?

0
310
App Store
Copyright©Apple

Potongan 30% Dari App Store Berasa Banget

OKETEKNO – Permainan PUBG Mobile sekarang ini memang menjadi yang paling cuan di seluruh dunia, karena memang banyaknya pemain yang senantiasa mendapatkan item terbaru dalam game. Akan tetapi pesaingnya, Fortnite juga sebenarnya tidak kalah populernya dengan permainan besutan Tencent tersebut.

Akan tetapi karena beberapa kebijakan membuat developernya, Epic Games terpaksa harus mendapatkan potongan yang besar. Dikarenakan fokus pada platform iOS, maka pajak 30% yang dibebankan terhadapnya melalui pembelian item lewat App Store, menjadi semakin terasa.

Baca Juga: Keren Parah, Begini Hasil Game yang Dibuat dengan Unreal Engine 5 di PS5

Bukan cuman Epic Games saja, melainkan sebelumnya juga sudah ada Spotify dan Match Group (pemilik aplikasi kencan Tinder dan Hinge) juga melakukan langkah serupa. Mereka pada protes terhadap Apple terkait potongan 30% yang diberlakukan pada toko aplikasi App Store.

App store
Copyright ©Fortune

“Apple adalah rekan, namun juga platform dominan yang langkahnya memaksa mayoritas konsumen untuk membayar lebih mahal untuk aplikasi pihak ketiga yang disebut sebagai layanan digital oleh Apple. Kami menyambut kesempatan untuk berdiskusi dengan Apple dan menetapkan biaya distribusi yang adil di seluruh App Store, termasuk juga pihak yang berkepentingan di Uni Eropa dan Amerika Serikat,” kurang lebih seperti itulah ungkap juru bicara Match Group.

Baca Juga: Game Terbaru Harvest Moon Siap Rilis Tahun Ini

Bukan cuman developer game atau pembuat aplikasi saja, melainkan Uni Eropa juga sudah mulai menggelar investigasi antimonopoli terhadap Apple, dimana salah satunya yakni terkait potongan pembelian dalam aplikasi yang dilakukan lewat App Store.

Pihak Spotify mengatakan kalau Apple telah membatasi inovasi dan pilihan konsumen terhadap Apple Music, sehingga Spotify sempoyongan menghadapinya. Kemudian ada juga Rakuten yang protes terkait potongan 30% untuk ebook yang dijualnya pada App Store, dan pada saat yang bersamaan juga malah mempromosikan Apple Books.

Dan dengan adanya potongan yang cukup besar ini jelas saja membuat developer game seperti Epic Games atau pembuat aplikasi dan layanan lain di App Store menjadi berkurang juga penghasilan yang didapatkan. Beda dengan Tencent Games, yang memang PUBG Mobile mayoritas berjalan pada HP Android, dimana Google Play Store potongannya juga tidak terlalu besar.

baca juga: Bangga! Ada Game eSport MOBA Buatan Lokal yang Perlu Kalian Coba Keseruannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.