File Terhapus di Android 11 Bisa Dibalikkan Lagi

0
478
Android 11
Copyright ©MobileSyrup

Android 11 Punya Trash Untuk Tampung File Pengguna

OKETEKNO – Untuk sekarang ini sudah ada sejumlah Smartphone yang telah mendapatkan dukungan pembaruan Android 11 Beta. Bukan cuman perangkat Pixel series buatan Google saja, melainkan duo HP Xiaomi juga telah mendapatkan kesempatan menguji sistem operasi baru tersebut.

Dan seperti biasa, dimana dalam OS terbaru selalu menawarkan pembaruan yang signifikan dibandingkan generasi sebelumnya. Ada beberapa fitur baru yang nanti bisa dinikmati oleh pengguna, dimana salah satunya yakni seperti tempat sampah yang fungsinya mirip seperti Recycle Bin pada platform Windows.

Baca Juga: Android 11 Beta 1 Mulai Digulirkan Untuk Duo HP Xiaomi Ini

Nantinya, file yang sudah terhapus akan dimasukkan ke sana, sehingga ketika pengguna menginginkannya kembali bisa melakukan restore. Dengan hal semacam ini, jelas pengguna tidak akan kecewa lagi atau panik ketika tanpa sengaja menghapus file tertentu. Dan secara default, tempat sampah ini akan disembunyikan (hidden).

Trash Android 11
Copyright ©Medium

Berbagai macam aplikasi Android yang memiliki akses editing terhadap trash ini nanti dapat menampilkan beragam file yang ada di dalamnya terhadap pengguna. Berkas di dalam tempat sampah Android 11 ini nanti akan bisa dikembalikan, namun ada batasan waktunya dimana file akan dihapus permanen dari sistem.

Baca Juga: Baterai 10.000 mAh 4 Kamera RAM 6GB, HP Android Ini Cuman Rp 2 Jutaan

Dari keterangan Roxanna Aliabadi selaku Product Manager Android, telah mengungkap kalau masa tenggang penghapusan file ini berlaku selama 30 hari kedepan. Dan sebenarnya ini sudah ada sejak di Developer Preview lalu, cuman Google telah melakukan sedikit perubahan pada versi beta kali ini.

Perlu diketahui bahwa pada bulan Februari 2020 kemarin, pengembang aplikasi bernama Yuriy Mysochenko telah mengunggah gambar yang memperlihatkan cara kerjanya. Dimana pada saat file hendak di kirim ke folder trash, akan dapat notifikasi konfirmasi terlebih dahulu. Dan pada saat itu masih dalam 7 hari, belum 30 hari seperti sekarang.

Akan tetapi di perangkat HP Android, ternyata konsep seperti ini tidaklah asing karena Samsung dan Huawei sudah menawarkannya lebih awal dalam UI masing-masing. Dan sekarang giliran Android 11 yang menerapkannya, sehingga vendor global seperti Xiaomi, OPPO, dan lainnya yang pakai Android berkesempatan menikmatinya juga.

baca juga: Redmi Note 9 Vs Realme Narzo, Duel HP Rp 2 Jutaan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.