Facebook Makin Siap Tandingi Petanya Apple dan Google

0
245
Facebook
Copyright ©Bangkok Post

Facebook Bakal Tingkatkan Layanan Peta Digitalnya

OKETEKNO – Untuk sekarang ini bisa dikatakan Google dan Apple menjadi duo raksasa pada perangkat Smartphone yang menjadi andalan banyak orang di seluruh Dunia. Sedikit berbeda dengan perusahaan Facebook dimana memang dari awal terkenal melalui jalur sosial media.

Akan tetapi kini perusahaan besutan Mark Zuckerberg tersebut telah berkembang dan ingin berkompetisi dalam beberapa layanan dan bisnis lain juga. Akuisisi terhadap WhatsApp dan juga Instagram menjadi salah satu bentuk pelebaran sayap di sosial media.

Baca Juga: Samsung Rancang HP Baru dengan 6 Kamera Belakang

Dan kali ini ada Mapillary yang merupakan startup asal Swedia yang menyediakan platform pemetaan dunia di permukaan tanah dimana telah diakuisisi oleh Facebook juga. Informasi ini telah dikonfirmasi dalam sebuah blog Mapillary pada hari Kamis pekan kemarin oleh salah seorang pendiri dan juga CEO, Jan Erik Solem.

Map Facebook
Copyright ©BBC

“Sejak hari pertama Mapillary, kami telah berkomitmen untuk membangun platform pencitraan tingkat jalan global yang memungkinkan setiap orang untuk mendapatkan pencitraan dan data yang mereka butuhkan untuk membuat peta yang lebih baik,” kurang lebih begitulah ungkap solem, sebagaimana dilansir dari CNBC.

Baca Juga: Waspada, Pengguna Google Chrome di Semua Perangkat Berpotensi Diserang Spyware

Nah, dengan data hasil pemetaan jalan Mapillary ini nantinya bisa membantu Facebook untuk mendukung peta yang ditawarkan dalam platformnya, dengan menampilkan hasil data yang lebih akurat. Terlebih dengan dukungan pengguna sosial media ini, membuatnya semakin bisa menghasilkan map yang lebih komplit dan berkembang pesat.

Itu dikarenakan sejak didirikan pada tahun 2013 silam, Mapillary membangun platform pencitraan jalan menggunakan foto yang diunggah oleh masyarakat. Perangkat lunak pengelihatan komputer kemudian menentukan apa yang ada dalam gambar tersebut, seperti misal marka jalan dan rambu lalu lintas, dan semacamnya.

Dan untuk perangkat tersebut juga memungkinkan pembuat peta untuk memasukkan data ke dalam peta mereka sendiri. Sehingga menghasilkan tampilan yang lebih komplit untuk memandu pengguna menuju arah yang diinginkan. Sehingga tidak menutup kemungkinan kedepan Facebook dapat bersaing dengan Google Maps juga Apple Maps.

baca juga: Layar Samsung Galaxy Note 20 Lebih Lambat Ketimbang S20?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.