Segudang Fitur Baru dan Menarik yang Hadir di iOS 14

0
258
Copyright ©Apple

iOS 14 Hadir dengan Segudang Pembaruan

OKETEKNO – Setelah rentetan informasi terkait kehadiran iOS 14 ini beredar luas di jagat maya, pada akhirnya dini hari tadi Apple telah resmi meluncurkan sistem operasi terbarunya. OS ini telah hadir dalam sebuah acara Worldwide Developer Conference (WWDC) 2020 yang diselenggarakan secara online.

Tidak jadi menggunakan nama iPhoneOS, generasi penerus iOS 13 ini tetap hadir dengan nama yang masih sama seperti biasanya. Dan dalam pembaruan berikut, ada segudang fitur baru yang menarik juga dimana penting untuk diketahui pengguna.

Baca Juga: Facebook Tak Lagi Jadi Media Penyedia Berita Terpercaya

  • App Library

App Library
Copyright ©Apple

Melalui fitur ini nantinya sistem dapat organisir aplikasi secara otomatis, dan banyak yang bilang mirip App Drawer pada OS Android, dimana ini berfungsi untuk mengelompokkan beberapa aplikasi dalam satu wadah.

Berkat adanya pengelompokkan aplikasi semacam ini, jelas pengguna iPhone bisa lebih mudah untuk mengakses aplikasi tertentu.

Baca Juga: Waspada, YouTube Jadi Sarang Penyebaran Teori Konspirasi

  • Widget

Widget
Copyright ©Apple

Kemudian ada juga widget dimana sebelumnya Apple bersikeras untuk tidak memasukkan hal semacam ini di home screen. Akan tetapi sekarang tidak lagi demikian, dimana pengguna dapat mengusap layar ke kiri untuk memunculkannya.

Widget memiliki ukuran kustomisasi, dimana ada yang cukup lebar dan penuhi layar, namun ada juga yang berukuran lebih kecil. Dan Apple telah menyediakan galeri khusus untuk widget yang bisa dipilih pengguna.

Baca Juga: Privasi WhatsApp Error, Bukan Cuman di Indonesia Saja

  • Picture in Picture

PiP iOS 14
Copyright ©Apple

Sebenarnya ini bukan hal baru bagi Apple, karena sebelumnya sudah hadir untuk perangkat iPad. Dan baru kali ini fitur tersebut hadir untuk perangkat iPhone melalui iOS 14.

Fitur ini memungkinkan pengguna bisa membuka whatsapp sembari streaming YouTube, atau mungkin melakukan beragam kegiatan multi-tasking lainnya dalam satu layar pada aplikasi yang didukung.

Baca Juga: File Terhapus di Android 11 Bisa Dibalikkan Lagi

  • Siri

Siri iOS 14
Copyright ©Apple

Dalam sistem operasi terbarunya ini juga ada peningkatan terjadi pada Siri, dimana sekarang tidak lagi penuhi layar. Saat dipanggil, Siri cuman muncul dalam bubble menyerupai tombol home di layar yang ada di bagian bawah home screen.

Melalui asisten digital ini, pengguna bisa mengirimkan pesan suara melalui iMessage, dan juga bisa mengkonversikannya dalam bentuk teks. Untuk menyempurnakan fungsi tersebut, Apple telah mendukungnya dengan aplikasi baru, Translate App.

Baca Juga: Sering Dapat Keluhan, Mobile Legends Hadirkan Fitur Baru Untuk Tingkatkan Jaringan!

  • Messages

Untuk sekarang pengguna iPhone bisa menyematkan pesan yang dianggap penting dalam daftar pesan. Dimana pengguna bisa mengatur notifikasi secara khusus di iOS 14, dimana notifikasi baru muncul saat nama pengguna disebutkan dalam pesan tersebut.

Selain itu masih ada beberapa pembaruan lainnya yang terjadi pada layanan Maps, CarPlay, dan juga App Clips pada iOS 14 ini. Dimana semuanya jelas akan membantu pengguna lebih memudahkan dalam penggunaan perangkat sehari-hari.

baca juga: Realme Narzo Vs Redmi Note 9 Pro, Masih Yakin Mau Nambah Rp 400 Ribu?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.