Usaha Google Agar Password Pengguna Tetap Aman

0
307
Forgot Password
Copyright ©express

Google Berusaha Lindungi Password Pengguna dengan Baik

OKETEKNO – Seperti yang diketahui bahwa layanan Google menjadi salah satu paling banyak digunakan oleh masyarakat luas. Dikarenakan integrasi dengan berbagai platform, membuatnya lebih felksibel dan dapat membantu sekali dalam memproses pembuatan akun dengan lebih cepat.

Akan tetapi sebagai pusat kendali data, juga tidak boleh kecolongan terlebih terhadap password milik para pengguna. Raksasa internet ini telah mengungkap bahwa password menjadi yang paling berbahaya di internet, dan harus mendapatkan pengawasan ekstra.

Baca Juga: Samsung Galaxy A31 Rilis di Indonesia dengan RAM 8GB, Harga Beda Tipis dengan Sang Jawara!

Oleh karenanya, pihak Google selama beberapa tahun belakangan ini telah berusaha keras guna meningkatkan keamanan password, atau cuman sekedar mengurangi kerusakan yang terjadi akibat kebocoran password milik seseorang.

Easy Password
Copyright ©sophosnews

Berdasarkan informasi yang dikutip dari The Verge, salah satu cara guna melindungi sandi pengguna ini adalah dengan ditawarkannya fitur Password Checkup, dimana kini sudah digabungkan ke dalam dashboard Security Checkup yang mana telah diintegrasikan terhadap seluruh akun Google.

Baca Juga: Kemampuan Ini Buktikan Samsung Galaxy Note 20 Bakal Lebih Baik Ketimbang S20

Tujuan ditawarkannya fitur ini adalah untuk memperingatkan terhadap para pengguna Google agar tidak menggunakan password yang sama terhadap beberapa akun berbeda. Perusahaan sendiri telah menegaskan kalau sekarang sudah ada 52% pengguna yang menggunakan password sama untuk beberapa akun miliknya.

Dan parahnya lagi adalah 13% pengguna menerapkan password yang sama terhadap seluruh akun di internet yang dimilikinya. Bahkan berdasarkan keterangan Microsoft tahun 2019 kemarin, ada sekitar 44 juta akun Microsoft telah tersebar di dunia maya.

Oleh karenanya, raksasa internet ini telah mengajak para penggunanya untuk membuat password lebih aman menggunakan Password Checkup secara proaktif selama beberapa tahun belakangan ini. Dimana dengan fitur tersebut, pengguna bisa memeriksa apakah password yang dipakai ini sudah pernah menjadi korban pembobolan dan disebar di internet atau belum.

Sebenarnya fitur ini hadir dalam ekstensi untuk Chrome pada bulan Februari 2019 kemarin, namun sejak bulan Oktober 2019 lalu telah terintegrasi untuk seluruh akun Google. Dan pada Desember 2019 terintegrasi dengan Chrome.

baca juga: Segudang Fitur Baru dan Menarik yang Hadir di iOS 14

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.