Sebar Berita Lama di Facebook Pengguna Bakal Dikasih Peringatan

0
231
Facebook
Copyright ©Bangkok Post

Facebook Akan Kasih Label Berita Lama

OKETEKNO – Selama beberapa bulan terakhir ini memang banyak sekali informasi hoax yang beredar di platform sosial media, apalagi Facebook. Bukan cuman berita yang benar-benar palsu, melainkan ada beberapa berita lama yang diunggah kembali sehingga meyakinkan pengguna lain bahwa itu merupakan kejadian terbaru.

Misalnya saja seperti kejadian politik, bencana alam atau peristiwa besar lainnya, informasi semacam ini bisa dijadikan senjata oleh pengguna tertentu untuk menyulut emosi pengguna lain yang melihatnya. Dan tentu saja kalau berhasil, akan mengacaukan suasana yang sudah lebih tenang pada saat itu.

Baca Juga: Samsung Galaxy A31 Vs Vivo Y50, Apa yang Didapat dari Selisih Rp 700 Ribu?

Dan sebelumnya memang pengguna tidak akan sadar sama sekali terkait hal tersebut, kecuali memang dirinya telah memahami betul terkait kejadian tersebut kapan persis terjadinya. Akan tetapi kedepan tidak lagi demikian, karena fitur baru yang ditawarkan pada sosial media tersebut.

Facebook dan WhatsApp Bersatu Untuk Tandingi Pesaingnya yang Tengah Naik Daun
Copyright ©PYMNTS

Facebook ingin memastikan bahwa pengguna bisa mengetahui kalau berita yang disebarkannya itu merupakan unggahan ulang. Diharapkan dengan adanya tanda seperti ini, maka pengguna bisa terselamatkan dari anggapan bahwa kejadian tersebut merupakan yang baru.

Baca Juga: Realme C3i Resmi Dirilis, Smartphone Sejutaan dengan Baterai 5.000 mAh

Induk perusahaan Instagram ini menerangkan bahwa fitur ini nantinya akan memberikan tanda terhadap berita yang kejadiannya sudah lebih dari 90 hari. Dimana ini cuman merupakan pemberian label saja, bukan berarti pengguna dilarang membagikannya ke lini masanya.

“Selama beberapa bulan terakhir, penelitian internal kami menemukan bahwa ketepatan waktu sebuah artikel adalah bagian penting dari konteks yang membantu orang memutuskan apa yang harus dibaca, dipercaya, dan dibagikan,” kurang lebih seperti itulah keterangan dari Facebook sebagaimana dilansir dari Ubergizmo.

Tidak semua berita lama ini basi dan bisa menyulut emosi pengguna, melainkan ada beberapa yang malah bermanfaat. Misal seperti penemuan, pengalaman, pengetahuan topik umum, tips&trik, dan semacamnya. Dimana ini jelas akan berguna bagi pengguna Facebook yang membacanya.

baca juga: Game Ini yang Bikin Semangat Nintendo Hadir di Smartphone Berkurang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.