Banyak Modus Penipuan Baru di WhatsApp, Kenali Hal Berikut!

0
245
Kata Pakar Soal Hack WhatsApp yang Sedang Ramai Diperbincangkan
Copyright ©Sadap

Kenali Modus Penipuan Berikut Agar Lebih Aman dari Scammer

Oketekno – Semakin besarnya platform percakapan berikut membuat pengguna jelas akan semakin terancam keberadaannya meski perusahaan WhatsApp telah meningkatkan secara berkala sistem keamanannya. Oleh karenanya, pengguna juga harus ikut andil di dalamnya untuk memperkuat sistem keamanan.

Berdasarkan beberapa kasus sebelumnya, telah diketahui bahwa platform perpesanan ini sering kali kebobolan hingga pada akhirnya membuat akun milik pengguna hilang begitu saja. Akan tetapi ini bukan kesalahan sistem sepenuhnya, karena ada ikut serta pengguna yang membantu hacker menyerahkan akun miliknya.

Baca Juga: Samsung Galaxy A31 Vs Galaxy A51, Saudara yang Tak Jauh Berbeda!

Sebagaimana informasi yang dilansir dari The Hans India, pihak Kepolisian New Delhi telah mengungkap dalam sebuah unggahan Twitter miliknya, kalau scammers akan mengunci para pengguna dengan otentikasi dua faktor yang dimiliki oleh platform WhatsApp. Dan beberapa hal yang penting untuk diperhatikan pengguna yakni:

Hack WhatsApp
Copyright ©medcom

Scammers bisa menyamar sebagai teknisi WhatsApp dan akan mendapatkan PIN verifikasi dari korban. Dimana untuk Kepolisian Delhi telah menjelaskan bahwa scammers bisa mendapatkan PIN dari target menggunakan akun palsu dengan logo resmi dari pihak W.A.

Kemudian mereka juga terkadang akan mengirimkan pesan kepada korban untuk melakukan verifikasi, dan scammer kemudian mengirimkan pesan dengan tujuan agar pengguna dapat membagikan PIN verifikasi enam digit tersebut untuk mendapatkan akses terhadap akun pengguna.

Baca Juga: PUBG Mobile Rilis Map Khusus Bernama Livik, Kombinasi Seluruh Map!

Selain itu, scammer bisa langsung masuk ke akun korban. “Target mudah diakali melihat pesan yang berasal dari akun yang muncul sebagai akun tim resmi. Pada kenyatannya, penyerang mencoba masuk dari perangkatnya ke akun pengguna WhatsApp untuk membajak akun,” begitulah keterangan pihak kepolisian.

Kemudian ketika verifikasi PIN dibagikan, jelas akun akan langsung diambil alih dengan mudahnya. Untuk itu sangat disarankan mengaktifkan verifikasi dua langkah agar pengguna tidak bisa dengan mudahnya terambil alih.

Sehingga ketika scammer seperti ini mencoba mengakses masuk ke perangkat korban, maka mereka tidak bisa langsung seperti itu. Dikarenakan masih ada kata sandi yang harus dimasukkan untuk mengakses masuk ke dalam akun WhatsApp.

baca juga: Realme C3i Resmi Dirilis, Smartphone Sejutaan dengan Baterai 5.000 mAh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.