Lebih Dekat dengan Malware Lucifer yang Punya 2 Mata Pisau!

0
240
Copyright ©breakingnews

Malware Lucifer Mengagumkan Tapi Mematikan

Oketekno – Semakin berkembangnya sistem keamanan yang terjadi pada setiap perusahaan resmi, menjadikan pembuat malware juga tidak ingin kalah dan terus mengalami perkembangan. Dan baru-baru ini tersebar luas yang namanya malware Lucifer.

Dimana malware ini bisa mengeksploitasi sejumlah celah keamanan pada platform Windows dan bisa menyulap sebuah PC korban menjadi penambang kripto. Selain itu juga dapat digunakan sebagai pasukan sebagai serangan distributed denial of services (DDNS).

Baca Juga: PUBG Mobile Rilis Map Khusus Bernama Livik, Kombinasi Seluruh Map!

Untuk malware ini telah menjadi perekrut botnet, yang diberikan nama Satan DdoS. Akan tetapi untuk sejumlah peneliti telah mengubah namanya menjadi Lucifer, dikarenakan sebelumnya memang sudah ada ransomware bernama Satan.

Copyright ©tweaktone

Unit 42 yang merupakan bagian dari Palo Alto Networks dimana telah mulai mencium keberadaan botnet ini setelah pihaknya menemukan sejumlah serangan siber yang memanfaatkan celah keamanan. Yakni celah keamanan di framework web Laravel, dimana bisa dimanfaatkan untuk mengaktifkan barisan kode secara remote.

Baca Juga: Keyakinan Facebook Untuk WhatsApp Pay yang Bisa Berjalan Mulus

Pada mulanya Lucifer ini cuman dianggap digunakan sebagai menyusupkan penambang mata uang kripto Monero ke komputer korban saja. Akan tetapi setelahnya, malware tersebut ternyata juga telah menyimpan komponen untuk melakukan serangan DdoS juga, dan sudah dilengkapi dengan kemampuan menyebarkan diri sendiri yang memanfaatkan sejumlah celah.

Memang sih untuk malware seperti ini bisa saja merugikan, akan tetapi kalau dimanfaatkan dengan baik tentu ini menjadi sesuatu hal menguntungkan juga. Semisal dimanfaatkan untuk menguji sistem keamanan, atau mungkin melakukan beberapa hal yang membutuhkan beberapa perangkat Komputer sekaligus dalam mengaktifkannya.

Untuk sekarang ini 11 celah keamanan yang ada sebelumnya ditambal oleh Windows, akan tetapi beberapa penjahat siber masih berkeliaran dan memanfaatkan Lucifer ini. Dikarenakan beberapa diantara pengguna masih lalai dalam melakukan pembaruan sistem keamanan perangkatnya.

baca juga: Samsung Galaxy A31 Vs Galaxy A51, Saudara yang Tak Jauh Berbeda!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.