Bahaya! Cuman Karena Gambar Bisa Kuras Kartu Kredit Kalian

0
230
Hacker
Hacker; Copyright©Twitter

Gambar Bisa Bahayakan Toko Online

Oketekno – Perkembangan hacker memang tidak kalah dengan pakar sistem keamanan di dunia, mereka terus mencari cara agar bisa mendapatkan keuntungan pribadi dengan beragam cara licik. Dan cepat atau lama, tentu cara seperti itu akan ketahuan oleh pakar keamanan yang terus melakukan analisa, meski dalam gambar sekalipun ketahuan.

Malwarebytes yang merupakan salah satu lembaga riset keamanan siber ternama di Dunia telah menemukan taktik baru yang sering kali digunakan oleh peretas selama beberapa waktu terakhir dalam mencuri kartu kredit menggunakan skimmer. Yakni, menyembunyikan dirinya dalam sebuah gambar, dimana pengguna tidak bisa melihatnya begitu saja.

Baca Juga: Catat! Jadwal Falsh Sale Pertama Realme C11 di Indonesia

Biasanya, para hacker ini akan menyusupkan malware ke situs toko online, dimana nantinya akan melakukan pencurian data kartu kredit dari para korban. Setelah itu, baru mengirimkan data curiannya kembali ke hacker. Akan tetapi sekarang taktiknya memanfaatkan gambar sebagai media pencuriannya.

metadata berbahaya gambar
Copyright ©Malwarebytes

Berdasarkan keterangan yang disampaikan oleh Techspot, modus yang dilakukan yakni menyusupkan kode skimmer tersebut dalam metadata sebuah gambar yang nantinya diunggah ke toko online untuk menjaring para korbannya.

Baca Juga: Akhirnya Alpha Kena Buff Gila Juga di Mobile Legends

Untuk Metadata atau Exchangable Image File Format (EXIF) ini merupakan tempat penyimpanan berbagai informasi mengenai sebuah foto, dimana seperti pengaturan yang digunakan, jenis lensa yang dipakai, lokasi, dan masih banyak lagi lainnya.

Akan tetapi dalam kasus berikut, para peneliti juga telah menemukan kode Javascript yang menemukan bahwa hacker telah menyusupkan kode berbahaya dalam baris metadata tersebut. Dan ketika kode ini diaktifkan, maka skimmer ini berhasil mengambil data dari toko online, yang mana konsumen akan memasukkan nama, alamat, hingga detail akun kredit pastinya.

Masih belum selesai, keunikannya yakni data yang dicuri ini akan dikirimkan ke hacker dalam bentuk gambar juga. Dimana tentu ini tidak akan menimbulkan kecurigaan dari sang pemilik toko, hingga pada akhirnya mereka melepaskannya begitu saja.

baca juga: Samsung Galaxy A31 Vs Galaxy A51, Saudara yang Tak Jauh Berbeda!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.