Mobile Legends Ternyata Juga Diblokir, Alasannya?

2
303
Aldous Mobile Legends
Copyright ©UHDWallpaper

Mobile Legends dan TikTok Diblokir di India

OKETEKNO – Bukan di Indonesia, melainkan untuk pemblokiran terhadap game Mobile Legends ini terjadi di Negara India bersamaan dengan layanan sosial media TikTok. Dengan demikian, kedua aplikasi seru tersebut tidak lagi bisa dinikmati oleh masyarakat setempat.

Tidak hanya dua, melainkan ada 59 aplikasi asal China lainnya yang telah dilakukan pemblokiran di negaranya. Keputusan tersebut diambil dengan alasan berkaitan dengan konflik yang terjadi di wilayah Ladakh, dimana perbatasan antara wilayah China dengan India yang semakin memanas.

Baca Juga: Giliran YouTube yang Ikut-Ikutan Aplikasi Video Pendek Trending?

Diberitakan kalau dalam perbatasan tersebut ada sekitar 20 tentara India telah tewas setelah bentrok dengan tentara China. Sehingga menyetop perkembangan digital seperti maraknya permainan Mobile Legends, dan sederet aplikasi lainnya termasuk WeChat menjadi salah satu jalur utama yang ditempuh untuk menekan pemerintah China.

Revamp Saber Mobile Legends
Copyright ©YouTube

Akan tetapi bukan berterus terang karena adanya kejadian seperti itu, melainkan pemerintah India menggunakan alasan ancaman keamanan data negara juga warga yang menggunakan aplikasi seperti Mobile Legends, UC Browser, dan yang lainnya.

Baca Juga: Realme X3 SuperZoom Vs Realme X2 Pro, Peningkatan yang Luar Biasa!

“Tim Tanggap Darurat telah menerima banyak pernyataan dari warga mengenai keamanan data dan pelanggaran privasi yang berdampak pada ketertiban umum,” kurang lebih seperti itulah keterangan dari Kementerian Teknologi Informasi India yang dikutip dari KompasTekno.

Mungkin dampak terhadap permainan Mobile Legends tidak terlalu parah, dikarenakan masyarakat setempat tidak begitu tertarik pada game MOBA tersebut. Akan tetapi kalau layanan Tik Tok, ini sangat terasa banget, dikarenakan India menjadi salah satu Negara pemakai layanannya paling besar, ada sebanyak 200 juta pengguna aktif bulanan di sana.

Dan bukan India saja, melainkan beberapa negara lainnya seperti Taiwan dan juga Hong Kong sebelumnya telah menerapkan langkah serupa untuk melakukan pemblokiran terhadap aplikasi China ini dengan alasan yang sama, yakni terkait masalah keamanan data negara.

baca juga: Map Spesial Terbaru di PUBG Mobile Bisa Selesai Lebih Cepat

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.