Fitur Baru Google Bisa Cegah Panggilan Spam yang Sering Rugikan Pengguna

0
277
Unknown Call
Copyright ©Kim Komando

Google Tawarkan Fitur Baru yang Menarik

OKETEKNO – Berbeda dengan chat, dimana para pengguna dapat lebih panik ketika mendapatkan panggilan, apalagi nomor yang dimiliki masih belum ada namanya. Oleh karenanya, banyak penipuan terjadi ketika mereka melakukan panggilan spam.

Pada dasarnya mereka bukan melakukan panggilan secara acak, dikarenakan beberapa dari mereka memang mendapatkan nomor pengguna dari sumber data tertentu, yang mungkin tidak disadari oleh sang pemilik itu sendiri. Dan untuk mencegah panggilan yang sering kali merugikan pengguna seperti ini, Google tawarkan fitur baru yang mungkin dapat membantu meminimalisir.

Baca Juga: Usung Baterai Besar, Honor X10 MAX Dipastikan Tetap Hadir dengan Body Tipis

Dimana untuk fitur baru ini nantinya akan membantu pengguna HP Android yang ragu untuk mengangkat panggilan dari nomor tidak dikenal, alias belum masuk dalam daftar kontaknya. Raksasa internet ini telah memperkenalkan fitur verifikasi panggilan atau Verified Calls yang memungkinkan untuk mengidentifikasi nomor.

panggilan Spam
Copyright ©Shutterstock

“Verified Calls akan membantu Anda membuat keputusan tentang panggilan telepon yang masuk,” seperti itulah keterangan dari Google pada laman blog resminya. Dan untuk fitur verifikasi panggilan ini jelas berbeda jika dibanding dengan aplikasi identifikasi nomor seperti True Caller ataupun GetContact.

Baca Juga: Redmi Note 9 Pro Vs Samsung Galaxy A71, Harga Boleh Jauh Lebih Mahal Tapi Speknya?

Google cuman melakukan identifikasi nomor perusahaan atau nomor bisnis yang telah melakukan proses verifikasi sebelumnya, sehingga hal demikian tidak berpotensi terhadap panggilan spam. Dan syarat utama yang harus dipenuhi oleh pengguna yakni harus memasang aplikasi Google Phone pada perangkatnya.

Jadi ketika perusahaan melakukan panggilan, maka akan dilakukan pencocokan data terlebih dahulu pada server, bertujuan untuk memastikan kalau nomor yang menghubungi itu memang nomor bisnis. Dan ketika memang sudah pasti, maka aplikasi Google Phone akan memberikan data seperti nama perusahaan, logo, dan keperluan menelepon.

Untuk masalah keperluan ini misal seperti layanan pengantar paket, makanan, tagihan internet, dan semacamnya. Dan tidak perlu khawatir terkait kebocoran data, karena setelah beberapa menit panggilan diterima, informasi akan dihapus dari server. Dan pengguna juga bisa terhindar dari panggilan spam yang selama ini sering kali meresahkan banyak pengguna.

baca juga: Mobile Legends Ternyata Juga Diblokir, Alasannya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.