Nah, Ini Solusi Pencarian Aplikasi di HP Huawei Pengganti Play Store

0
483
Huawei P40 Pro Plus
Copyright ©Yandex

Solusi Pencarian Aplikasi di HP Huawei

OKETEKNO – Dikarenakan adanya pembatasan yang dilakukan oleh pemerintah AS, membuat Huawei harus memutar otak dalam menggantikan layanan Google Mobile Services (GMS) yang tidak bisa digunakan lagi pada HP Huawei besutannya.

Salah satu yang terpenting yakni ketiadaannya Google Play Store, dimana pengguna menjadi tidak dapat mengunduh aplikasi secara aman. Oleh karenanya Huawei Mobile Services (HMS) harus menggantikannya untuk menawarkan fungsi serupa agar pengguna tetap bisa memanfaatkan perangkat sebagaimana biasanya.

Baca Juga: Kembaran Redmi Note 9 Pro Mulai Dijual Minggu Depan

Akan tetapi masih belum berkembang layaknya Play Store, melainkan masih perlu banyak pengembangan lagi. Dan Huawei mengusahakan menggandeng para developer untuk membuat aplikasinya tersedia di HMS ini. Dan sekarang sudah ada puluhan aplikasi populer lokal yang telah tersedia di AppGallery, meski begitu masih belum cukup juga.

Petal Search Widget
Copyright ©detikINET

Hingga pada akhirnya vendor asal China ini telah menawarkan solusi untuk mempermudah pencarian aplikasi yang diinginkan pengguna HP Huawei. Yakni dengan menghadirkan Petal Search Widget, dimana ini merupakan mesin pencari aplikasi dari berbagai macam sumber.

Baca Juga: Bukan Cuman Huawei yang Makin Panas, AS Tekan Perusahaan Ini Juga

Aplikasi ini tersedia di AppGallery, dan pengguna bisa memasangnya untuk mencari, menemukan, dan mengunduh aplikasi yang diinginkan oleh pengguna. Untuk aplikasi ini nantinya akan mencari apk dari AppGallery ataupun dari penyedia pihak ketiga. Dengan demikian, jelas saja aplikasi yang dapat dipasang di perangkat lebih beragam.

Namun pengguna tetap tidak bisa menikmati aplikasi Google, seperti YouTube, Gmaps, Chrome, dan lain sebagainya. Bisa sih dipasang, akan tetapi pengguna tidak akan bisa membuka aplikasi android ini, karena tidak memiliki Play Services.

Meski begitu, tetap saja dengan dihadirkannya Petal Search Widget ini sudah membuat pengguna HP Huawei sedikit lebih tenang dan percaya akan mendapatkan aplikasi yang diinginkan. Huawei P40 series atau beberapa ponsel terbaru lainnya bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari penggunanya.

baca juga: HP Redmi Ini Akhirnya Dapatkan Update Android 10 Juga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.