Buruan Hapus, 25 Aplikasi Android Ini Bisa Ambil Password Facebook Kalian

0
606
Tizi Malware Android
Copyright©spyware

Aplikasi Android Ini Bisa Curi Password FB Kalian

Oketekno – Sebagaimana yang telah diumumkan bahwa Google terus melakukan perbaikan sistem keamanan sistem operasi dan juga layanan miliknya. Meski demikian bukan berarti aplikasi android sudah sepenuhnya aman, karena beberapa masih ada yang bisa melakukan pengintaian.

Bagi kalian yang mengaktifkan layanan Facebook di dalam perangkat, harap waspada karena laporan terbaru mengungkap bahwa ada sekitar 25 aplikasi berbahaya di Google Play Store yang bisa mengambil data password FB kalian.

Baca Juga: Kembaran Redmi Note 9 Pro Mulai Dijual Minggu Depan

Menurut informasi yang dikutip dari ZDNet, diketahui kalau aplikasi tersebut sudah terunduh sebanyak 2,34 juta kali. Dan seluruh aplikasi tersebut telah dikembangkan oleh kelompok yang sama, dimana meski fitur yang ditawarkan ini berbeda-beda, akan tetapi cara kerja yang diterapkan itu sebenarnya sama saja.

daftar aplikasi android berbahaya
Copyright ©Evina

Berdasarkan keterangan dari perusahaan keamanan siber Evina, telah menerangkan kalau aplikasi jahat ini berkedok sebagai aplikasi untuk menghitung langkah pengguna, edit video, editor foto, aplikasi wallpaper, senter, manajer file, dan juga mobile game juga ada.

Baca Juga: Bukan Cuman Huawei yang Makin Panas, AS Tekan Perusahaan Ini Juga

Dan sederet aplikasi android ini memiliki fungsi sama, yakni diam-diam memuat kode berbahaya di dalamnya yang dapat mendeteksi aplikasi apa saja yang baru dibuka oleh pengguna dan tengah aktif di layar. Jelas ini sangat melanggar privasi banget, karena tidak ada izin atas hal tersebut.

Ketika pengguna memasukkan alamat email dan juga password, aplikasi jahat tersebut akan menyimpan data dan mengirimkannya ke server di domain airshop.pw dimana untuk sekarang ini sudah tidak aktif. Dan Evina menjelaskan kalau aplikasi jahat temuannya ini sudah dilaporkan ke Google sejak akhir Mei kemarin.

Hingga pada akhirnya Google telah menghapus aplikasi android yang dilaporkan berbahaya tersebut, dan bisa saja mengambil password Facebook penggunanya. Cukup lama peredarannya, yakni selama kurang lebih satu tahun, dan kalian bisa melihat daftarnya pada tabel yang termuat dalam gambar tersebut.

baca juga: Sudah Waktunya Realme C11 Untuk Gantikan C2 di Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.