Facebook Akui Kesalahan Kirim Ribuan Data ke Pengembang

0
176
Populer Disaat WFH Karena Corona, Zoom Kirimkan Data Pengguna ke Facebook
Copyright ©Era

Bug Facebook Sebabkan Data Pengguna Tersebar

OKETEKNO – Untuk sekarang ini perusahaan Facebook memang sudah seperti lebih patuh terhadap peraturan privasi pengguna, karena berbagai macam layanannya telah diusahakan untuk dijaga dengan baik data yang disimpan. Akan tetapi bukan berarti perusahaan masih bisa melakukan kesalahan terkait perlindungan data seperti itu.

Seperti yang terjadi belum lama ini dimana raksasa sosial media itu telah mengakui bahwa pihaknya telah menemukan ribuan pengembang aplikasi pihak ketiga berhasil mengakses data penggunanya dalam periode tertentu. Pengembang ini bisa mendapatkan data pengguna meski sudah tidak aktif lebih dari 90 hari sekalipun.

Baca Juga: Bos Epic Games Sebut Game di PS 5 Bisa Setara Film Grafisnya

Dalam keterangan yang disampaikan induk perusahaan Instagram ini bahwa masalah ini disebabkan oleh bug, yang mana informasi data pribadi pengguna bisa diintip oleh pengembang diantaranya seperti e-mail, tanggal lahir, bahasa, usia, hingga jenis kelamin.

Facebook Server
Copyright ©Data Center Knowledge

Dimana jelas ini bertentangan dengan apa regulasi yang sudah diterapkan oleh Facebook sejak tahun 2018 silam. Regulasi itu memuat jika pengembang aplikasi pihak ketiga tidak akan bisa mendapatkan data pengguna yang sudah tidak aktif selama 90 hari terakhir.

Baca Juga: PUBG Mobile Resmi Diblokir Di Negara Ini

“Kami menemukan bahwa dalam beberapa kasus, aplikasi terus menerima data pengguna meski tampaknya mereka tidak aktif dalam 90 hari terakhir. Dan setelah menemukan temuan ini, kami telah memperbaiki masalah tersebut. Kami juga akan terus menyelidiki dan prioritaskan pengguna secara transparan,” kurang lebih seperti itulah arti dari keterangan Wakil Presiden Platform Partnership Facebook, Konstantinos Papamiltiadis.

Perlu diketahui bahwa masalah seperti ini kurang lebih sama seperti yang terjadi dalam Cambridge Analytica pada tahun 2018 silam. Akan tetapi bisa dikatakan masalah ini memang disebabkan oleh bug, bukan dari kemauan induk usaha WhatsApp itu sendiri untuk bagikan data penggunanya.

Sebab sejak kasus C.A, perusahaan Facebook telah menetapkan peraturan baru dimana pengembang harus meminta izin terlebih terhadap pengguna jika ingin mengakses datanya. Dan ketika pengguna sudah tidak aktif selama 90 hari, maka data otomatis tidak sinkron lagi secara otomatis.

baca juga: Realme C11 Vs Realme C3, Duel Smartphone Sejutaan Kekinian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.