Apple Ingin Jadikan iPhone Lebih Banyak Fungsi Pendataan

0
247
Turun Drastis, iPhone 7 Series di Indonesia Tinggal Segini Harganya
Turun Drastis, iPhone 7 Series di Indonesia Tinggal Segini Harganya; Copyright©Wonderfull Engineering

iPhone Ingin Dijadikan SIM dan Paspor Juga

OKETEKNO – Dikarenakan perkembangan teknologi yang sudah semakin maju, sekarang ini fungsi dari perangkat Smartphone bukan cuman sekedar sebagai alat komunikasi saja, banyak hal yang bisa dilakukan oleh ponsel canggih kekinian, apalagi perangkat besutan Apple seperti iPhone yang memang menawarkan suatu hal eksklusif.

Berkat adanya kelengkapan NFC, membuat perangkat tersebut sekarang bisa digunakan sebagai alat pembayaran yang mudah. Pengguna tidak lagi menggunakan kartu khusus untuk melakukan pembayaran digital, cukup mengaktifkan NFC dan menempelkan pada alat pembayaran saja sudah langsung melakukan transaksi secara otomatis.

Baca Juga: Google Putus Sinkronisasi dengan WhatsApp

Namun Apple memiliki rencana lain, dimana merencanakan suatu hal lebih menarik lagi di masa mendatang. Disebutkan kalau perangkat iPhone di masa mendatang memungkinkan pengguna bisa memanfaatkannya sebagai pendataan, seperti Paspor dan juga SIM.

iPhone 12
Copyright ©PhoneArena

“Perangkat yang menerapkan sistem untuk menggunakan klaim identitas terverifikasi mencakup setidaknya satu prosesor yang dikonfigurasi untuk menerima klaim terverifikasi termasuk informasi mengidentifikasi perangkat pengguna,” kurang lebih seperti itulah paten yang telah ditemukan oleh AppleInsider.

Dimana untuk klaim terverifikasi ini telah ditandatangani oleh server berbasis pada verifikasi informasi penyedia verifikasi identitas yang terpisah dari server, yang mana untuk klaim diverifikasi ini khusus untuk sebuah perangkat.

Baca Juga: Mobile Legends di Banned, Moonton Rayu Pemerintah

Meski sepertinya menarik untuk diterapkan dan menawarkan kemudahan di masa mendatang, akan tetapi gagasan untuk memasukkan seluruh data pribadi termasuk yang intim seperti nomor kependudukan ini merupakan sesuatu yang rawan banget. Meski diyakini sistem keamanan milik Apple sudah baik, bukan berarti tidak ada celah sama sekali.

Terlebih lagi ketika perangkat pengguna hilang atau dicuri, tentu ini menjadi sesuatu yang malah lebih berbahaya. Pengguna juga akan kehilangan seluruh akses ke semua dokumen yang sudah terintegrasi pada perangkatnya itu

Jennifer Bailey selaku VP Apple Pay telah mengungkap kalau di masa lalu, mereka sudah menjelajahi, namun ini memang sulit diterapkan lantaran masalah hukum, seperti pemerintah juga perlu melakukan autentifikasi dokumen digital untuk memastikan bahwa data pengguna yang ada di iPhone itu valid atau tidak.

baca juga: Xiaomi Bakalan Sama Seperti Samsung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.