Jadi Andalan Uji Kekuatan Ponsel, Aplikasi Android Ini Malah Dihapus dari Play Store

0
347
Google Play Store Apl
Copyright ©Gizmodo

Aplikasi Android AnTuTu Diblokir di Play Store dan Chrome

OKETEKNO – Kalau ingin mengetahui kekuatan dari sebuah ponsel, tentunya pengguna akan lebih mengandalkan terhadap layanan aplikasi android bernama AnTuTu. Dikarenakan dianggap aplikasi penguji benchmark ini sudah cukup bisa diandalkan dan penggunaannya meliputi seluruh dunia.

Akan tetapi sayang, aplikasi uji benchmark ini merupakan hasil pengembangan dari Negara China, sehingga memicu masalah perizinan. Tidak cuman dilenyapkan dari Google Play Store saja, melainkan pengguna HP Android juga dihadang untuk memasang aplikasi ini di perangkat mereka.

Baca Juga: Bukan di Play Store, Link Resmi Download Aplikasi WhatsApp Paling Terbaru

Dan ketika dilakukan pencarian di Play Store, aplikasi ini tidak lagi tersedia dan cuman ada beberapa aplikasi serupa yang dimunculkan ketika melakukan pencarian dengan kata kunci ‘AnTuTu’. Sedangkan saat melakukan pengunduhan dari situs resminya dalam format .apk, ternyata browser Chrome juga melakukan pemblokiran untuk lakukan download.

AnTuTu
Copyright ©Istimewa

Dari notifikasi yang dimunculkan, mengungkap bahwa halaman file.antutu.com ini telah mengandung aplikasi yang berbahaya, dan bisa mengumpulkan data pengguna termasuk melacak lokasi mereka juga. Bukan cuman itu saja, melainkan sekarang halaman tersebut sudah menunjukkan status 404, sehingga aplikasi browser tidak sampai bisa mengunduh file .apk nya dari Chrome.

Baca Juga: Huawei Siapkan Tandingan OPPO Find X2 Pro dengan Fast Charging 66W

Tapi melalui aplikasi browser lainnya, sepertinya file .apk aplikasi Android uji benchmark ini tetap bisa diunduh. Akan tetapi saat melakukan pemasangan inilah, pengguna akan mendapati masalah dimana akan dihadang oleh Play Protect dan menyatakan jika aplikasi yang akan dipasang ini berbahaya.

Meski banyak peringatan seperti itu, namun AnTuTu diketahui masih bisa terpasang pada HP Android pengguna kalau memang memaksakan. Pengguna tetap mendapatkan proses instalasi berjalan saat mengklik Install anyway.

Berkaitan dengan penghapusan dan juga pencegahan aplikasi android uji benchmark ini terblokir pada perangkat Smartphone, masih belum ada keterangan resmi dari Google ataupun AnTuTu. Namun kalau di Play Store itu ada kaitannya dengan pengembangnya Cheetah Mobile yang sering lakukan aksi pelanggaran di toko aplikasinya.

baca juga: Realme C11 Vs Realme C3, Duel Smartphone Sejutaan Kekinian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.