Digantikan Robot, Game Konsol PS4 Bisa Dibuat Cuman 30 Detik Saja

0
313
PS4
Copyright ©Pocket-Int

Konsol PS4 Ternyata Cuman Dirakit 30 Detik Saja

OKETEKNO – Untuk perkembangan sumber daya manusia memang harus dilakukan karena memang beberapa pekerjaan yang pada dasarnya sama saja setiap hari, bisa digantikan oleh robot dengan penerapan sistem tertentu. Seperti yang diterapkan dalam pabrik pembuatan game konsol PS4 ini salah satunya.

Dimana perusahaan SONY telah memanfaatkan teknologi robot di sebagian besar pabriknya di seberang teluk Tokyo, Jepang. Dan salah satu barang yang dibuat yakni PS4, dimana perangkat tersebut cuman butuh waktu 30 detik saja untuk selesai dirakit.

Baca Juga: Ubisoft Berencana Bagikan Game Petualangan Populernya Ini Gratis

Pabriknya sendiri terletak di pinggiran Kisarazu, dan identik dengan bangunan putih besar yang menjulang di atas lanskap pinggiran kota. Dan pabrik ini telah dioperasikan oleh SONY Global Manufacturing & Operations, dan memiliki jalur perakitan sepanjang 31,4 meter. Proses pembuatannya sendiri baru rampung tahun 2018 dan menjadi andalan hingga sekarang untuk produksi PlayStation 4.

SONY PS4
Copyright ©MP1st

Ketika sudah digantikan oleh robot, bukan berarti sepenuhnya sudah tidak mengandalkan tenaga manusia. Masih ada beberapa SDM yang dibutuhkan, akan tetapi jelas jauh lebih sedikit daripada sebelumnya. Dimana dua untuk menambahkan motherboard ke jalur perakitan dan dua lainnya untuk menempatkan konsol dalam paketnya.

Baca Juga: Hero Baru Mobile Legends Ini Bisa Berubah Jadi Besar dan Makin Ganas

Pada jalur perakitan game konsol yang tengah laris manis di pasaran ini ada sekitar 32 robot terpasang di posisinya. Dimana 26 robot diantaranya didedikasikan untuk pemasangan kabel, pita, dan juga bagian fleksibel lainnya.

Salah satu insiyur sebagaimana dikutip dari Digital Trends mengatakan “mungkin tidak ada tempat lain yang dapat memanipulasi robot dengan cara ini”. Sebab robot perakit milik SONY ini yang bertugas mengatur kabel fleksibel flat di PS4, terpasang dengan satu lengan robot untuk menahan kabel dan yang lainnya memelintirnya dalam arah dan tekanan tertentu.

Masih belum diketahui apakah game konsol PS5 yang baru saja diumumkan beberapa waktu lalu akan memanfaatkan produksi seperti ini juga. Namun sepertinya belum, dikarenakan butuh proses yang cukup lama dalam mengatur ulang robotnya untuk merakit produksi baru seperti ini.

baca juga: Smartphone 5G Termurah Samsung Tengah Disiapkan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.