Facebook Ungkap Penyebab Beberapa Aplikasi di iPhone Crash

0
215
Facebook iPhone
Copyright ©Tirto

SDK Facebook Kembali Jadi Biang Masalah

Oketekno – Pada hari Jum’at pekan kemarin, sejumlah aplikasi populer telah mengalami crash ketika dijalankan di perangkat iPhone atau berbasis iOS. Hal tersebut tidak terkecuali permainan PUBG Mobile yang membuat turnamen PMWL juga mengalami penundaan. Dan ternyata memang masalahnya berasal dari Facebook.

Selain PUBG Mobile, dua layanan atau aplikasi populer yang tidak bisa dijalankan di perangkat besutan Apple itu diantaranya yakni Spotify dan Tinder, sehingga ini memacu mereka untuk meluapkan kekesalannya pada platform Twitter. Terlebih untuk masalah ini juga berlangsung cukup lama sehingga menjadikan iPhone trending terus.

Baca Juga: Baru Pindah ke YouTube, Youtuber Gaming Ini Langsung Tembus Jutaan Views

Bahkan dalam keluhan yang dilontarkan oleh para pengguna iPhone tersebut mendapatkan respon dari pengguna HP Android juga. Dimana pada dasarnya mereka masih tetap bisa mengoperasikan sederet aplikasi yang dikeluhkan mengalami crash di ponsel iOS tersebut.

Hot Spring
Copyright ©Istimewa

Untuk permasalahan yang terjadi ini disebabkan oleh Facebook, dimana telah melakukan perubahan terhadap software development kit atau biasa dikenal dengan SDK. Sehingga beberapa layanan yang menggunakan opsi log-in menggunakan akun FB ini akan mengalami crash ketika memang tidak ada kecocokan data.

Baca Juga: Beberapa Game Horror yang Bisa Merinding Setiap Malam

“Baru-baru ini, terjadi perubahan kode yang memicu crash untuk beberapa aplikasi iOS yang menggunakan SDK Facebook. Kami mengidentifikasi masalah dengan cepat dan telah menyelesaikannya. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi,” seperti itulah keterangan yang disampaikan oleh juru bicara perusahaan.

Perlu diketahui bahwa masalah yang terjadi dan disebabkan oleh SDK ini tidak terjadi kali ini saja, melainkan sebelumnya pada bulan Mei kemarin juga sempat mengalami masalah serupa. Hanya saja pada saat itu dampaknya tidak terlalu besar, dan bisa dilakukan eksekusi yang cepat.

SDK Facebook memang akan mengalami perkembangan terus, hal ini dikarenakan memang pihaknya dituntut untuk melindungi data pengguna dengan baik, tidak lagi sembarangan dalam memberikan data pengguna terhadap pihak ketiga, sebagaimana yang telah dilakukannya pada tahun 2018 atau sebelumnya.

baca juga: 9 Smartphone Murah Sejutaan Terbaik Saat Ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.