Bahaya, Chat WhatsApp Bisa Dibaca Bahkan Diedit Oleh Peretas Karena Ini

0
325
WhatsApp Hack
Copyright ©comments bot

Jangan Sembarangan Pasang WhatsApp

OKETEKNO – Karena banyak orang yang mengandalkan platform WhatsApp sebagai layanan untuk menjalin komunikasi bersama orang lain, menjadikan para peretas akan mencoba untuk mengelabuhi setiap pengguna, mencoba menipu untuk mengambil semua privasi yang ada dalam akun tersebut.

Dikarenakan dengan teknik peretasan biasa saja tidak memungkinkan, sebab layanan resmi telah menawarkan sistem enkripsi end-to-end yang bahkan pengembang sendiri tidak bisa membaca percakapan. Akan tetapi dengan keteledoran pengguna hal tersebut sangat memungkinkan.

Baca Juga: Terlalu Ngeri, Akhirnya Yu Zhong Mobile Legends Dapatkan Nerf Juga

Belum lama ini ada informasi terbaru dari WABetaInfo yang mana kini bukan terkait dengan pembaruan di masa mendatang. Melainkan melaporkan terkait kewaspadaan yang harus diterapkan lebih ketat oleh pengguna. Dikarenakan ada aplikasi versi modifikasi (mod) yang bisa jadi membuat pengguna tampak begitu tergoda sehingga memasangnya di ponsel.

Belum Semua Dapat Dark Mode, Begini Penjelasan WhatsApp!
Belum Semua Dapat Dark Mode, Begini Penjelasan WhatsApp!; Copyright©iMore

Kalau sekedar memasangnya saja tidak menjadi masalah, namun ketika sudah dimasukkan juga nomor WhatsApp ini yang jadi masalah, dimana seluruh pesan dimungkinkan untuk dibaca peretas alias hacker. Oleh karenanya, WABetaInfo memberikan imbauan terhadap seluruh pengguna agar tidak memasang aplikasi W.A versi modifikasi.

Baca Juga: Redmi 9 Rilis di Indonesia, Smartphone Sejutaan yang Menggoda

Dilaporkan kalau aplikasi palsu seperti itu memungkinkan pencipta bisa dengan mudah menggunakan pola serangan man-in-the-middle (MITM), dimana peretas bisa mengedit perangkat lunak agar bisa mencegat pesan yang diterima ataupun dikirim terlebih dahulu untuk dibaca, bahkan sampai melakukan perubahan pesan juga.

Bukan cuman itu saja, resiko lain menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tidak disetujui oleh pihak perusahaan juga memungkinkan untuk mendapatkan penangguhan akun, dimana pengguna ataupun peretas tidak dapat menggunakan nomor tersebut selama beberapa waktu. Dikarenakan ada potensi ancaman berbahaya yang mengintai.

Memang sih versi mod seperti ini lebih menarik, dikarenakan punya fitur lebih banyak daripada reguler. Akan tetapi banyak resiko yang mengintai pengguna, termasuk sistem keamanan yang sangat rawan. Untuk itu, selalu gunakan aplikasi WhatsApp resmi yang sudah disediakan di Google Play Store ataupun App Store saja.

baca juga: Muncul Samsung Galaxy S20 Lite di Geekbench, Masih Pakai Snapdragon 865!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.