Perbedaan Gimbal Kamera di Vivo X50 Pro dengan OIS di HP Lainnya

0
490
Vivo X50 Pro rear camera
Copyright ©Pocket-lint

Beda Gimbal Kamera dengan OIS dan EIS

Oketekno – Pekan kemarin telah resmi diluncurkan Vivo X50 Pro ke Indonesia, dimana ini merupakan Smartphone pertama dengan kelengkapan Gimbal sebagai penyeimbang kamera pertama di Dunia. Perbekalan teknologi baru ini jelas akan berdampak banget terhadap pengalaman pengguna.

Dikarenakan masalah selama ini saat melakukan pemotretan juga perekaman video bagi pengguna ponsel adalah soal guncangan. Memang sih sudah ada OIS yang membantu mengatasi masalah pengguna tersebut, akan tetapi dianggap kurang maksimal. Hingga pada akhirnya Vivo membawa teknologi kamera digital ke perangkat ponsel.

Baca Juga: Jangan Lakukan 3 Hal Ini Saat Jadi Offlaner di Mobile Legends

Vivo X50 Pro ini telah dilengkapi dengan gimbal fisik yang menopang sensor kamera utama SONY IMX598. Berkat adanya teknologi ini, Vivo mengklaim kalau perangkatnya bisa digunakan untuk rekam video dengan guncangan yang minim meski tanpa aksesori gimbal tambahan sekalipun. Selain itu, HP Vivo terbaru ini juga bisa digunakan untuk ambil gambar di malam hari dengan lebih ciamik.

gimbal vs OIS
Copyright ©Kompas

Sebagaimana keterangan Hadie selaku Product Manager Vivo dalam panggung perilisannya kemarin, Vivo X50 Pro ini jelas berbeda dibanding dengan ponsel lain dengan fitur Optical Image Stabilization (OIS), walaupun sebenarnya sama-sama penstabil gambar hardware, ilustrasinya bisa dilihat dalam gambar tersebut.

Baca Juga: Telkomsel Tawarkan Paket Internet 50GB Rp 40 Ribu, Ini Cara Aktifkannya!

Dimana untuk sistem kamera gimbal ini ensa tampak bergerak mengikuti sumbu optik, yang memungkinkan kamera tetap bisa stabil dan tidak goyang meski ponsel dibawa berlari sekalipun. Untuk pergerakan kamera yang ditopang oleh gimbal ini disebut “The Big Eye Camera”, dikarenakan diklaim punya gerakan lebih fleksibel seperti bola mata.

Sedangkan untuk OIS sendiri bersifat statis, dimana ketika sumbu optik bergerak, lensa akan ada di tempat yang sama, sehingga tidak bisa memberikan efek peredaman guncangan yang signifikan. Dan perbedaan gimbal dengan teknologi EIS yakni terletak pada sisi kejernihan gambar, dimana EIS bisa hilangkan sekitar 40 persen piksel, sehingga gambarnya juga tidak begitu jelas terkadang.

Namun kalau di Vivo X50 Pro yang dilengkapi gimbal ini, bisa mempertahankan setiap pixel yang ada dalam setiap frame, sehingga gambar atau video yang dihasilkan ini bisa sangat jernih. Dengan adanya perbedaan seperti ini, tidak menutup kemungkinan inovasi Vivo ini ditiru oleh vendor lainnya juga.

baca juga: Mengetahui Kecanggihan Kamera OPPO Reno 4 yang Segera Hadir di Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.