Samsung Lebih Pilih Google Assistant Daripada Miliknya Sendiri?

0
549
Bixby YouTube Google Maps Google Play
Copyright ©YouTube

Samsung Masih Ingin Pertahankan Ekosistemnya

Oketekno – Bagi sebagian besar pengguna perangkat Smartphone Samsung tentu sudah tidak asing lagi dengan namanya asisten digital Bixby. Dikarenakan memang fitur ini sudah ditanamkan di hampir seluruh ponsel terbarunya. Akan tetapi baru-baru ini terdengar informasi bahwa layanan tersebut akan segera digantikan.

Untuk asisten digital yang akan menjadi penggantinya adalah Google Assistant, dimana ini sebenarnya cukup mengejutkan, lantaran vendor asal Korea Selatan ini sudah memiliki sendiri, akan tetapi malah mengandalkan milik platform lainnya.

Baca Juga: Steam Tawarkan Fitur Uji Game Gratis Untuk Para Pemain

Sebagaimana laporan dari Reuters, menyebutkan kalau ini ada kaitannya dengan perjanjian antara pihak Samsung bersama Google. Dimana dalam perjanjian tersebut tidak cuman mencakup soal layanan Bixby saja, melainkan juga terkait toko aplikasinya bernama Galaxy Apps Store juga merupakan buatannya sendiri.

Copyright ©CNET

Bisa dikatakan perjanjian ini merupakan salah satu bagian dari sistem bagi hasil baru antara Samsung dengan Google. Akan tetapi vendor ponsel yang baru saja disalip Huawei ini mengungkap jika pihaknya tidak memiliki rencana untuk menghilangkan Bixby ataupun Galaxy Store dari perangkatnya, dikarenakan memang keduanya merupakan salah satu bagian terpenting pada ekosistem Galaxy.

Baca Juga: Wujud Samsung Galaxy Fold 2 Semakin Jelas Jelang Kehadirannya

Ini bukan kali pertamanya demikian, dimana perusahaan Google sudah sering kali memberikan keyakinan terhadap vendor Smartphone yang besar ini untuk menyingkirkan layanannya sendiri, sehingga Google Play Store dan Assistant bisa lebih diandalkan.

Dan sebenarnya ini juga bukan perjanjian yang kecil, agar vendor ponsel yang memang dirinya mau memprioritaskan layanan Google di perangkatnya. Misalnya di iPhone, dimana Apple telah mendapatkan gelontoran dana miliar dolar juga bagi hasil dari iklan, berasal dari mesin pencari Google yang kini diprioritaskan pada Safari.

Tentu kalau dipertimbangkan hal semacam itu tidak menutup kemungkinan bisa menarik minat Samsung menjalin perjanjian bersama Google. Terlebih di tengah pandemi seperti ini, menjadikan penjualannya juga menurun drastis. Dan apabila perlu, pihak Google sendiri juga akan memberikan penawaran lebih menarik lagi terkait perjanjian tersebut.

baca juga: Bocoran Harga Samsung Galaxy Note 20 yang Tidak Jauh Beda dengan Galaxy S20

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.