Apple Bersihkan Puluhan Ribu Game dari China di App Store

0
271
App Store Cleaning
Copyright ©Medium

Apple Hapus Puluhan Ribu Game di App Store

Oketekno – Pada dasarnya perusahaan Apple sendiri tidak mudah memberikan syarat dan meloloskan aplikasi ataupun game pada platform miliknya, seperti App Store misalnya. Akan tetapi belum lama ini pihaknya telah melakukan seleksi dan penyaringan ulang, dan diketahui telah menghapus puluhan ribu permainan di toko aplikasinya.

Sebagaimana laporan informasi terbaru dari Qimai Research Institute, perusahaan Apple telah dilaporkan menghapus lebih dari 30 ribu aplikasi pada toko aplikasinya di China, dimana 90 persen diantaranya merupakan aplikasi berkategori permainan.

Baca Juga: Samsung Galaxy M31s Dirilis, Tidak Sekedar Memiliki Baterai Jumbo

Untuk tindakan keras yang dilakukan oleh Apple ini sudah diterapkan sejak bulan Juni 2020 kemarin, akan tetapi mengalami kondisi puncak pada bulan Juli 2020 lalu. Dikatakan kalau Apple ingin mengakhiri praktek ilegal yang masih banyak lolos di layanan miliknya.

App Store
App Store; Copyright©Oketekno

Dalam praktek ilegal yang dimaksud kali ini yaitu, pengembang game di perangkat iPhone tetap meluncurkan game buatannya, padahal status dari game tersebut masih dalam proses menunggu konfirmasi resmi dari pemerintahan China.

Baca Juga: Samsung Lebih Pilih Google Assistant Daripada Miliknya Sendiri?

Disamping itu, pemerintah China sendiri juga telah memiliki aturan ketat terkait game berbayar ataupun ditawarkan dalam bentuk pembayaran di game alias (in-app purchase). Sederet aplikasi ataupun permainan dengan kondisi demikian, meski di App Store juga harus mendapatkan lisensi terlebih dahulu dari pemerintah China sebelum dirilis.

Nah, untuk celah seperti itu ada di perangkat iPhone, sedangkan di HP Android pada wilayah China telah mematuhi peraturan tersebut tanpa terkecuali. Dan setelah dilakukan bersih-bersih, diketahui hanya ada 179 ribu permainan secara total pada toko aplikasinya, dimana 160 ribu diantaranya merupakan versi gratis.

Sebagaimana dikutip dari Bloomberg, diketahui kalau perusahaan Apple sebelumnya telah diberikan peringatan terhadap para pengembang dan juga penerbit, kalau game di iOS ini harus memiliki nomor lisensi dari pemerintahan agar bisa terus berjalan di China. Dan perusahaan sendiri secara eksplisit juga telah mengatakan kalau setiap game yang tidak berlisensi akan dilarang dan dihapus dari App Store setelah tanggal 31 Juli 2020.

baca juga: Hero di Mobile Legends Punya Batas Minimal Pakai Sebelum Main di Ranked

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.