WhatsApp Rilis Fitur Baru Untuk Cari Kebenaran Berita Hoax

0
203
WhatsApp Apps
Copyright ©The Hindu Business Line

WhatsApp Rilis Fitur Untuk Cari Kebenaran Atas Pesan yang Dikirimkan

Oketekno – Melawan Hoax menjadi salah satu fokus utama dari setiap developer aplikasi untuk sekarang ini, dikarenakan memang platform tersebut menjadi yang paling mudah dalam penyebaran berita hoax. Tidak terkecuali WhatsApp dimana memiliki jumlah pengguna yang begitu banyak.

Dan setelah sekian lama dilakukan pengujian, pada akhirnya fitur yang berfungsi sebagai pencari kebenaran dari berita hoax sudah siap dan mulai bergulir terhadap pengguna yang lebih luas lagi. Untuk fitur terbaru ini diberikan nama ‘Search the Web’.

Baca Juga: Bersihkan Cache, Cara Paling Mudah dan Cepat Percepat HP Android

Sesuai dengan namanya, dimana nanti pesan bisa diteruskan untuk dilakukan pencarian pada mesin pencari, sehingga kebenaran terkait berita tersebut akan terungkap dari website tertentu yang direkomendasikan oleh Google, Yahoo, Bing, atau mungkin mesin pencari lainnya.

WhatsApp Search The Web
Copyright ©TheHindu

Sebenarnya untuk cara pengecekannya ini sendiri begitu sederhana, dimana pengguna hanya perlu mengunggah pesan yang diterima, dan dicurigai sebagai pesan hoax. Akan tetapi melalui fitur berikut, pengguna bisa langsung meneruskan pesannya begitu saja, tidak perlu lagi menyalin dan paste pada aplikasi browser miliknya.

Baca Juga: Belum Rilis, Namun iPhone 12 Edisi Sultan Sudah Bisa Dipesan Harga Segini

Untuk sekarang ini sudah dilakukan uji coba terhadap sejumlah pengguna yang lebih luas lagi, dan dukungannya diberikan terhadap seluruh platform, termasuk Android, iOS dan juga Web. Kalau ada beberapa aplikasi browser, pengguna akan diberikan pilihan untuk menggunakan aplikasi yang mana. Akan tetapi kebanyakan akan menggunakan aplikasi default, berupa bawaan dari ponselnya.

Memang sekarang sudah masuk dalam tahap uji coba, akan tetapi masih belum ada keterangan resmi dari anak usaha Facebook tersebut terkait kehadirannya untuk seluruh penggunanya di Dunia. Akan tetapi kalau memang sudah tidak ada hambatan, bakal digulirkan segera karena fitur ini sangat membantu untuk mencari kebenaran informasi yang beredar.

Sementara ini, WhatsApp menjelaskan kalau fitur tersebut hanya beredar di Brazil, Irlandia, Italia, Spanyol, Inggris, Meksiko, dan juga Amerika Serikat saja. Belum ada kabar kehadirannya di wilayah Asia dan Australia.

baca juga: Xiaomi Dapatkan Paten Earphone yang Bisa Disembunyikan di Dalam Smartphone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.